Runtuhnya uni soviet memunculkan kesadaran bahwa setiap negara pada dasarnya saling membutuhkan. hal ini menjadi latar belakang berdirinya organisasi ekonomi ….

runtuhnya uni soviet memunculkan kesadaran bahwa setiap negara pada dasarnya saling membutuhkan. hal ini menjadi latar belakang berdirinya organisasi ekonomi ….

Jawaban yang tepat adalah APEC.

mari simak pembahasan berikut!

APEC bermula dari Perang Dingin (1947-1991). Waktu itu, Amerika Serikat yang mengusung kapitalisme (ngasih kebebasan kepada setiap orang buat berkegiatan ekonomi) versus sama Uni Soviet yang berideologi komunisme (membatasi hak-hak rakyat, termasuk dalam kegiatan ekonomi).

Pada tahun-tahun terakhir Perang Dingin, sekitar akhir 1980-an, Uni Soviet runtuh sebagai negara perserikatan. Jadinya, Amerika Serikat menang dalam Perang Dingin. Perdagangan antarnegara yang dulunya dibatasi sama Uni Soviet karena paham komunisme, jadi lebih leluasa karena kapitalisme. Jual-beli antarnegara jadi lebih bebas dan mudah.

Dengan runtuhnya uni soviet maka berdirilah APEC.
APEC adalah organisasi perekonomian di sekitar wilayah Asia-Pasifik, meliputi negara Asia Tenggara (termasuk negara kita tercinta, Indonesia), pesisir Asia Timur, Australia yang dekat sama Samudra Pasifik, dan negara-negara yang terletak di Samudra Pasifik (Oseania).

Jadi, runtuhnya uni soviet memunculkan kesadaran bahwa setiap negara pada dasarnya saling membutuhkan. hal ini menjadi latar belakang berdirinya organisasi ekonomi APEC.