Berikut adalah fungsi badan usaha dalam menjalankan kegiatannya: (1) mampu menyerap tenaga kerja (2) mempercepat proses alih teknologi (3) menambah pendapatan nasional (4) mendorong kelestarian lingkungan (5) mendorong pertumbuhan ekonomi dari fungsi-fungsi tersebut yang merupakan fungsi sosial adalah…

Berikut adalah fungsi badan usaha dalam menjalankan kegiatannya:
(1) mampu menyerap tenaga kerja
(2) mempercepat proses alih teknologi
(3) menambah pendapatan nasional
(4) mendorong kelestarian lingkungan
(5) mendorong pertumbuhan ekonomi
dari fungsi-fungsi tersebut yang merupakan fungsi sosial adalah…
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 1, 4, dan 5
d. 2, 3, dan 5
e. 3, 4,dan 5

Jawabannya adalah pernyataan 3 dan 5.

Berikut ini pembahasannya ya!

Badan usaha adalah satu kesatuan organisasi yang melakukan proses produksi untuk memenuhi kebutuhan manusia yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Ada tiga jenis fungsi dari badan usaha yaitu:

1. Fungsi komersial, yaitu untuk memperoleh keuntungan. Untuk memperoleh keuntungan secara optimal, setiap badan usaha harus menghasilkan produk yang bermutu dengan harga yang bersaing.

2. Fungsi sosial, yang berhubungan dengan manfaat badan usaha secara langsung atau tidak langsung terhadap kehidupan masyarakat. Sebagai contoh, mendorong pertumbuhan ekonomi dan menambah pendapatan nasional.

3. Fungsi pembangunan ekonomi. Badan usaha merupakan mitra pemerintah dalam melakukan pembangunan ekonomi nasional dan dapat membantu pemerintah dalam peningkatan ekspor dan sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam pemerataan pendapatan masyarakat.

Oleh karena itu jawaban yang benar adalah pernyataan 3 dan 5.

Semoga membantu ya, have a nice day!