Australia, Selandia Baru, Singapura, Vietnam, Jepang, Hong Kong, Korea Selatan, dan Taiwan adalah negara-negara di kawasan Asia Pasifik yang selama ini dipuji akan penanganan pandemi mereka dengan beberapa di antaranya berada di peringkat terbaik dunia. Seluruh wilayah itu mampu mengatasi Covid-19 pada tahun 2020 melalui tindakan agresif, seperti penguncian ketat dan pelacakan kontak yang kemudian sering direplikasi negara-negara lain di seluruh dunia. Namun, pada tahun kedua pandemi, mereka ditantang oleh isu-isu baru. Varian yang lebih kuat telah menembus pertahanan yang mapan dan menciptakan wabah terburuk di beberapa negara. Berdasarkan paragraf ke-1 manakah pernyataan berikut yang BENAR?

Australia, Selandia Baru, Singapura, Vietnam, Jepang, Hong Kong, Korea Selatan, dan Taiwan adalah negara-negara di kawasan Asia Pasifik yang selama ini dipuji akan penanganan pandemi mereka dengan beberapa di antaranya berada di peringkat terbaik dunia. Seluruh wilayah itu mampu mengatasi Covid-19 pada tahun 2020 melalui tindakan agresif, seperti penguncian ketat dan pelacakan kontak yang kemudian sering direplikasi negara-negara lain di seluruh dunia. Namun, pada tahun kedua pandemi, mereka ditantang oleh isu-isu baru. Varian yang lebih kuat telah menembus pertahanan yang mapan dan menciptakan wabah terburuk di beberapa negara.

Berdasarkan paragraf ke-1 manakah pernyataan berikut yang BENAR?
(A) Hingga saat ini delapan negara di Asia Pasifik telah berhasil mengatasi pandemik Covid-19.
(B) Seluruh negara di Asia Pasifik menerapkan penguncian ketat dalam mengatasi Covid-19.
(C) Penanganan Covid-19 di delapan negara Asia Pasifik dicontoh oleh negara-negara di dunia.
(D) Delapan negara Asia Pasifik melakukan penanganan yang berbeda terhadap Covid-19 baru.
(E) Varian Covid-19 membuat semua negara di dunia kesulitan dalam pencegahan penyebarannya.

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah C.

Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut.

Informasi pada teks adalah segala sesuatu yang menjadi isi dan pembahasan pada sebuah teks.

Informasi dapat disampaikan secara tersirat maupun tersurat sehingga letak informasi harus dipahami dengan baik agar pembaca dapat memahami inti pembahasan tanpa mengalami kesalahpahaman.

Langkah-langkah untuk menemukan informasi pada sebuah bacaan adalah sebagai berikut.
1. Bacalah teks dengan saksama.
2. Pahamilah makna setiap kalimat yang ada pada teks.
3. Temukanlah kalimat utama atau gagasan pokok dalam setiap paragraf.
4. Tandailah kata atau kalimat yang mengandung kata kunci.
5. Pahami setiap gambar, grafik, tabel, atau diagram yang menunjang informasi teks.
6. Cocokkan kembali informasi yang didapatkan dengan teks secara keseluruhan.

Berdasarkan paragraf ke-1 manakah pernyataan berikut yang benar adalah “Penanganan Covid-19 di delapan negara Asia Pasifik dicontoh oleh negara-negara di dunia.” Hal ini dibuktikan dnegan kutipan yang berbunyi, “Seluruh wilayah itu mampu mengatasi Covid-19 pada tahun 2020 melalui tindakan agresif, seperti penguncian ketat dan pelacakan kontak yang kemudian sering direplikasi negara-negara lain di seluruh dunia.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

Semoga membantu ya ????