fbpx

Bangsa inggris lebih dahulu sampai di kepulauan nusantara dibandingkan dengan bangsa belanda. meskipun demikian, pengaruh inggris di indonesia tidak terlalu besar dibandingkan belanda. jika dianalisis, faktor penyebabnya adalah…

bangsa inggris lebih dahulu sampai di kepulauan nusantara dibandingkan dengan bangsa belanda. meskipun demikian, pengaruh inggris di indonesia tidak terlalu besar dibandingkan belanda. jika dianalisis, faktor penyebabnya adalah…

Jawaban : Karena kongsi dagang Inggris (EIC) kalah bersaing dengan kongsi dagang Belanda (VOC).

Pembahasan :

Pada tanggal 31 Desember 1600 Inggris memulai mendirikan perusahaan dagang di Asia yang dinamakan Perusahaan Dagang Hindia Timur Britania (EIC). Pada 20 Maret 1602, para pedagang Belanda mendirikan kongsi dagang yang dikenal dengan VOC. Pada masa itu terjadi persaingan ketat antar perusahaan-perusahaan dagang asal Eropa dalam memperebutkan perdagangan di negara Timur.

Meskipun Inggris sudah tiba terlebih dahulu di Indonesia, namun Inggris tidak cukup kuat untuk mengalahkan VOC yang pada saat itu sudah dipersenjatai oleh angkatan militer. VOC yang pada saat itu memiliki hak-hak istimewa yang kita kenal dengan hak oktroi. Hak inilah yang mengakibatkan VOC, dapat bertindak seperti layaknya satu negara.

Dengan demikian, pengaruh Inggris di Indonesia tidak terlalu besar dibandingkan Belanda Karena kongsi dagang Inggris (EIC) kalah bersaing dengan kongsi dagang Belanda (VOC).

Lagi Viral :  Berikut ini bukan merupakan inti teks persuasi, yaitu....