fbpx

Diperpanjang! Cek Penerima Bantuan Modal Usaha Tunai Rp 300 Ribu

Berikut langkah check yang menerima dan penelusuran Kontribusi Sosial Rp 300 ribu yang cair pada bulan Mei dan Juni.

Bantuan sosial Sosial Tunai (BST) Rp 300 ribu yang sebelumnya cuman sampai April 2021, diundur sampai 2 bulan.

Diambil dari tayangan jurnalis Kementerian Koordinator sektor Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, kemenkoppmk.go.id, ekstensi BST Rp 300 ribu ini untuk pencairan bulan Mei dan Juni 2021.

Nanti, Anda segera dapat menyaksikan apa tercatat sebagai yang menerima bantuan sosial atau mungkin tidak.

Kementerian Sosial (Kemensos) kini sedang mempersiapkan proses pendistribusian kontribusi dan akan selekasnya disosialisasikan ke KPM untuk pendayagunaannya.

Hal itu dikatakan oleh Menteri Koordinator Sektor Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy selesai pimpin rapat tingkat menteri berkaitan penilaian dan pemercepatan pendistribusian bantuan sosial, Senin (10/5/2021).

Dia minta supaya data yang menerima dari semua program bantuan sosial yang berada di Kemensos atau Kemendes PDTT supaya diintegrasikan.

“Yang terpenting harus ditegaskan pemantauan ketat supaya semua bantuan sosial betul-betul tersalur ke penerimanya dan dibelanjakan,” pungkas Menko PMK, diambil dari kemenkopmk.go.id.

Dia menguraikan kelengkapan data KPM yang diperlukan dan harus sebanding ialah Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama, alamat, dan tanggal lahir.

Data itu nanti dibutuhkan untuk pembukaan rekening bantuan sosial di bank Himbara.

“Sesudah Lebaran kita akan ulas bersama dengan Kemensos, Dukcapil, Himbara, dan sudah pasti mengikutsertakan OJK,” katanya.

Data yang menerima bansos yang sudah diteruskan dan atau masih juga dalam proses bisa dijangkau lewat program berbasiskan situs di http://cekbansos.kemensos.go.id. (cekbansos.kemensos.go.id)

Cek Penerima Bansos Tunai Rp 300 Ribu
https://cekbansos.kemensos.go.id/

Langkah Check Yang menerima Bantuan sosial

  • Nantinya, akan ada kolom data Penelusuran Data Yang menerima Kontribusi Sosial (BST, BPNT, PKH)
  • Seterusnya, masukan Propinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Dusun/Kelurahan
  • Masukan nama sama sesuai KTP
  • Selanjutnya, masukan code yang tercantum
  • Click tombol ‘Cari’

Nanti akan ada hasil pada data penelusuran, berbentuk alamat yang menerima, masa bantuan sosial, dan identitas yang menerima.

Adapun proses pencairan bansos bisa dilaksanakan lewat bank anggota Himbara, seperti BNI, BRI, Bank Berdikari, dan BTN.

Dikabarkan oleh Tribunenews awalnya, Menteri Sosial Tri Rismaharini mengutarakan korps-nya sudah menonaktifkan 21.000.156 data double yang menerima bansos.

Data ini tidak diaktifkan Kemensos dalam rencana pembaruan Data Terintegrasi Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Risma menerangkan data yang ditidurkan karena nama atau penerimanya double.

Hingga Kemensos ambil satu data untuk dimasukkan pada DTKS.

“Kita mengambil satu, nach kita pilihnya tempo hari, karena jika kita beri BST, itu cuman sampai April. Hingga kita tentukan selanjutnya BPNT yang menerima faedah dapat terima sampai Desember kelak,” sebut Risma.

Kemensos sudah berbicara dengan BPK, BPKP, KPK, Kejagung dan kepolisian pada proses penonaktifan beberapa puluh juta data ini.