fbpx

Gambar di samping adalah gambar tokoh PangIima Operasi Militer dalam rangka menumpas pemberontakan Republik Maluku Selatan pada Juli 1950, yaitu ….

Gambar di samping adalah gambar tokoh PangIima Operasi Militer dalam rangka menumpas pemberontakan Republik Maluku Selatan pada Juli 1950, yaitu ā€¦.
a. Kolonel Gatot Subroto
b. Letkol Ahmad Yani
c. Letkol Soeharto
d. Kolonel A. E. Kawilarang

Gambar di samping adalah gambar tokoh PangIima Operasi Militer dalam rangka menumpas pemberontakan Republik Maluku Selatan pada Juli 1950, yaitu ....

Jawaban yang tepat yakni, D. Kolonel A. E. Kawilarang

Untuk lengkapnya, yuk pahami penjelasan ini

Pasca di proklamasikannya kemerdekaan Indonesia, Indonesia tidak langsung dapat bebas dari berbagai persoalan. Persoalan yang datang pun tidak hanya datang dari luar negeri, tetapi datang dari dalam negeri. Persoalan yang datang dari dalam negeri yakni dengan adanya ketegangan-ketegangan antar kelompok yang menolak bergabung dengan Indonesia, seperti terjadinya pemberontakan Republik Maluku Selatan.

Pemberontakan RMS sendiri di pelopori oleh seorang mantan jaksa agung negara Indonesia Timur, Mr. Dr. Christian Robert Soumokil. Soumokil pada tanggal 25 April 1950 memproklamirkan berdirinya Republik Maluku Selatan. Dengan berdirinya Republik Maluku Selatan dianggap sebagai ancaman bagi keutuhan Indonesia yang terbilang baru saja merdeka. Oleh karena itu pemerintah mengirim Kolonel A. E. Kawilarang selaku panglima operasi militer untuk segera memberantas pemberontakan Republik Maluku Selatan .

Jadi, tokoh panglima operasi militer yang diutus dalam rangka menumpas pemberontakan Maluku Selatan yakni, Kolonel A. E. Kawilarang

Semoga membantu ya šŸ™‚