Kutub magnet batang dalam keadaan bebas selalu menunjukkan ke arah utara dan selatan bumi karena

kutub magnet batang dalam keadaan bebas selalu menunjukkan ke arah utara dan selatan bumi karena

Jawabannya ;

Kutub magnet batang dalam keadaan bebas selalu menunjukkan ke arah utara dan selatan bumi karena gaya tarik-menarik kutub magnet batang dan kutub magnet bumi.

Bumi adalah magnet raksasa. Struktur bumi tersusun dari beberapa lapisan, yaitu inti bumi, mantel bumi, dan kerak bumi. Inti bumi terbagi menjadi dua, yaitu inti dalam yang bersifat padat dan inti luar yang bersifat cair. Ketika bumi berotasi, partikel bermuatan listrik dalam cairan inti luar bumi ikut bergerak dan menghasilkan medan magnet.

Secara geografis, kutub utara magnet bumi berada di selatan bumi dan kutub selatan magnet bumi berada di utara bumi. Jarum kompas selalu menghadap utara dan selatan karena adanya gaya tarik menarik-menarik antara kutub utara magnet dan kutub selatan magnet bumi yang berada di kutub utara bumi serta kutub selatan magnet dan kutub utara magnet bumi yang berada di kutub selatan bumi.

Dengan demikian, kutub magnet batang dalam keadaan bebas selalu menunjukkan ke arah utara dan selatan bumi karena gaya tarik-menarik kutub magnet batang dan kutub magnet bumi.