Sebutkan dan jelaskan hukum hukum yang ada pada kemagnetan

sebutkan dan jelaskan hukum hukum yang ada pada kemagnetan

hukum-hukum yang menjelaskan kemagnetan adalah gaya Lorentz, hukum Biot-Savart, hukum Faraday, dan Hukum Lenz.

Pembahasan:
Dalam fisika, magnetisme adalah salah satu fenomena di mana material mengeluarkan gaya menarik atau menolak pada material lainnya. Hukum yang menjelaskan sifat kemagnetan pada benda antara lain:

1. Gaya Lorentz
Gaya Lorentz adalah gaya yang ditimbulkan oleh muatan listrik yang bergerak atau oleh arus listrik yang berada dalam suatu medan magnet. Persamaan matematisnya adalah:

F = B x I x L x sin ????

F = gaya lorentz (N)
B = medan magnet (T)
I = kuat arus listrik (A)
L = panjang kawat (m)
???? = sudut yang terbentuk antara kuat arus listrik dan medan magnet

2. Hukum Biot-Savart
Hukum Biot-Savart adalah hukum fisika yang menyatakan bahwa medan magnet di sekitar arus listrik dapat ditentukan nilainya. Dalam hukum Biot-Savart, sumber medan magnet adalah arus listrik. Keberadaan arus listrik ini merupakan hasil dari pergerakan muatan listrik.

3. Hukum Faraday.
Hukum induksi Faraday adalah hukum dasar elektromagnetisme yang memprediksi bagaimana medan magnet berinteraksi dengan rangkaian listrik untuk menghasilkan gaya gerak listrik- fenomena yang disebut sebagai induksi elektromagnetik.

4. Hukum Lenz.
Hukum Lenz adalah hukum fisika yang menjelaskan tentang arah arus induksi. Dalam hukum ini, arah arus induksi selalu mempunyai arah tertentu. Arah arus induksi selalu menghindar dari medan magnet yang menimbulkannya.

Jadi, hukum-hukum yang menjelaskan kemagnetan adalah gaya Lorentz, hukum Biot-Savart, hukum Faraday, dan Hukum Lenz.