fbpx

Raja Human “Singa” di tembak pemburu. Penghuni hutan kebingungan mencari pengati raja. Gajah tidal mau menjadi raja, karena ia tidak pandai berkelahi dan berjalan lambat. Dari cuplikan cerita di atas terdapat unsur instrinsik suatu cerita yaitu latar. . . Yg terdapat di. . . .

Raja Human “Singa” di tembak pemburu. Penghuni hutan kebingungan mencari pengati raja. Gajah tidal mau menjadi raja, karena ia tidak pandai berkelahi dan berjalan lambat.
Dari cuplikan cerita di atas terdapat unsur instrinsik suatu cerita yaitu latar. . . Yg terdapat di. . . .

Pada cuplikan cerita di atas terdapat unsur instrinsik suatu cerita, yaitu latar tempat yang terdapat di hutan.

Yuk kita simak pembahasan berikut.

Cerita adalah karangan yang berisi peristiwa atau kejadian yang dibuat secara fiksi (nyata) maupun nonfiksi (khayalan). Di dalam cerita terdapat unsur intrinsik yang membangun cerita tersebut, salah satunya adalah latar.

Latar adalah keterangan mengenai tempat, waktu, dan suasana dalam cerita. Fungsi latar adalah untuk memberikan suatu gambaran peristiwa yang terjadi agar pembaca dapat membayangkan hal-hal yang digambarkan pada cerita tersebut.

Pada soal di atas terdapat cuplikan cerita. Dari cuplikan cerita di atas terdapat unsur instrinsik suatu cerita, yaitu latar tempat yang terdapat di hutan.

Hal tersebut dibuktikan dengan salah satu kalimat yang berbunyi “Penghuni hutan kebingungan mencari pengati raja.” Pada kalimat tersebut terdapat kata penghuni hutan maka latar tempat terjadinya cerita adalah di hutan.

Dengan demikian, pada cuplikan cerita di atas terdapat unsur instrinsik suatu cerita, yaitu latar tempat yang terdapat di hutan.

Semoga membantu 🙂

Lagi Viral :  Pulau bali dan pulau jawa dihubungkan dengan sebuah selat, yaitu selat ....