fbpx

Penghilangan Unsur Kalimat Terdapat Pada Kalimat …

Penghilangan Unsur Kalimat Terdapat Pada Kalimat …

A. Bagaimankah Keadaan Ibumu ?
B. Saya Menonton Televisi Kemarin.
C. Kemarin Saya Menonton Televisi.
D. Saya Menonton Televisi Dan Adik Juga.
Jawabannya apa

Jawaban yang tepat adalah pilihan D.

Untuk memahami alasan jawaban tersebut, berikut adalah pembahasannya.

Kalimat adalah satuan bahasa yang secara relatif berdiri sendiri, mempunyai pola intonasi final dan secara aktual ataupun potensial terdiri atas klausa.

Berikut adalah jenis kalimat berdasarkan jumlah klausa.
1. Kalimat simpleks atau disebut juga kalimat tunggal merupakan kalimat yang terdiri dari satu klausa (satu subjek dan satu predikat), tidak menggunakan konjungsi dan koma, berupa kalimat sederhana, dan memiliki satu kejadian atau peristiwa.
2. Kalimat kompleks atau disebut juga kalimat majemuk merupakan kalimat yang terdiri dari dua klausa (dua subjek dan dua predikat), menggunakan konjungsi dan koma, berupa induk kalimat dan anak kalimat, serta memiliki dua atau lebih kejadian atau peristiwa.

Penghilangan unsur kalimat umumnya terdapat pada kalimat majemuk. Hal tersebut didasarkan penyebutan unsur kalimat, seperti subjek, predikat, objek, atau unsur lainnya yang sama. Kalimat yang mengalami penghilangan unsur kalimat adalah “Saya menonton televisi dan adik juga.” Unsur kalimat yang dihilangkan pada kalimat tersebut terdapat pada predikat dan objek “menonton televisi”. Hal tersebut didasarkan pada kegiatan yang dilakukan oleh saya dan adik adalah sama. Selain itu, penggunaan kata “juga” menegaskan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh saya dan adik adalah sama.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

Semoga membantu ya 🙂

Lagi Viral :  Lapisan tanah dengan tutupan yang baik akan mampu menahan erosi terutama saat hujan turun. SEBAB Vegetasi yang menutupi lapisan tanah paling atas akan membantu proses infiltrasi saat hujan turun.