fbpx

(1) Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan nilai ekspor sektor pertanian pada bulan Juni 2021 mengalami kenaikan sebesar 33,04 persen (M-to-M) atau sebesar 15,19 persen secara (Y-on-Y). (2) Kenaikan terjadi setelah komoditas tanaman obat, aromatik, rempah, kopi dan sarang burung walet memberi andil besar dalam ekspor selama Juni 2021. (3) Dengan kenaikan tersebut maka ekspor nonmigas secara nasional menyumbang sebesar 93,36 persen dari total nilai ekspor Juni 2021 yang mencapai 18,55 miliar dollar atau naik sebesar 9,52 persen jika dibandingkan dengan ekspor pada Bulan Mei 2021. (4) Berbagai komoditas pertanian yang diekspor dari waktu ke waktu ini menunjukan bahwa Indonesia memiliki beragam komoditi yang berpeluang besar menguatkan perdagangan internasional. (5) Di luar negeri produk-produk semacam sarang burung walet, rempah tanaman obat termasuk juga didalamnya kopi dan teh saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat dunia. (6) Sebagian besar produk ekspor dikirim melalui pelabuhan Tanjung Priok. Kalimat yang tidak mendukung isi bacaan adalah

(1) Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan nilai ekspor sektor pertanian pada bulan Juni 2021 mengalami kenaikan sebesar 33,04 persen (M-to-M) atau sebesar 15,19 persen secara (Y-on-Y). (2) Kenaikan terjadi setelah komoditas tanaman obat, aromatik, rempah, kopi dan sarang burung walet memberi andil besar dalam ekspor selama Juni 2021. (3) Dengan kenaikan tersebut maka ekspor nonmigas secara nasional menyumbang sebesar 93,36 persen dari total nilai ekspor Juni 2021 yang mencapai 18,55 miliar dollar atau naik sebesar 9,52 persen jika dibandingkan dengan ekspor pada Bulan Mei 2021. (4) Berbagai komoditas pertanian yang diekspor dari waktu ke waktu ini menunjukan bahwa Indonesia memiliki beragam komoditi yang berpeluang besar menguatkan perdagangan internasional. (5) Di luar negeri produk-produk semacam sarang burung walet, rempah tanaman obat termasuk juga didalamnya kopi dan teh saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat dunia. (6) Sebagian besar produk ekspor dikirim melalui pelabuhan Tanjung Priok.

Kalimat yang tidak mendukung isi bacaan adalah
(A) 2
(B) 3
(C) 4
(D) 5
(E) 6

Jawaban soal di atas adalah (B) 3.

Untuk memahami alasannya, simak pembahasan berikut.

Paragraf adalah bagian suatu karangan yang di dalamnya terdapat lebih dari satu kalimat yang berisi satu gagasan utama dan beberapa gagasan pendukung. Di dalam paragraf terdapat informasi.

Syarat paragraf:
1. Ketersatuan. Semua kalimat dalam paragraf harus sesuai dengan ide pokok. Ide penjelas harus berkaitan dengan ide pokok.
2. Berkaitan jelas dengan isi teks. Setiap kalimat dalam teks harus berhubungan dengan ide pokok.
3. Kesinambung (koheren). Kalimat yang disusun harus padu dan logis mengikuti rencana perkembangan tulisan yang pasti.
4. Dikembang dengan baik. Setiap kalimat dalam paragraf harus dijelaskan dan didukung dengan cukup lewat bukti dan detail yang sesuai dengan ide pokok.

Ide pokok teks bacaan di atas adalah “kenaikan eskpor sektor pertanian”. Semua ide penjelas harus berhubungan dengan ide pokok tersebut. Berdasarkan penjelasan ini, kalimat yang tidak mendukung bacaan adalah “engan kenaikan tersebut maka ekspor nonmigas secara nasional menyumbang sebesar 93,36 persen dari total nilai ekspor Juni 2021 yang mencapai 18,55 miliar dollar atau naik sebesar 9,52 persen jika dibandingkan dengan ekspor pada Bulan Mei 2021.” Kalimat ini tidak mendukung bacaan karena berbicara tentang ekspor nonmigas, sedangkan ide pokok atau ide pengendali berbicara mengenai kenaikan ekspor khusus pada bidang pertanian.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Semoga membantu.😊