Memulihkan Pesan Chat Whatsapp Yang Belum Sempat Di Backup

Di postingan saya kali ini saya akan menerangkan wacana cara memulihkan pesan chat WhatsApp (Wa) yang belum sempat di backup. Untuk sebuah pesan yang berdasarkan kita penting lazimnya kita jarang meniadakan pesan tersebut. Namun karena suatu argumentasi kadang periode kita melaksanakan clear data atau uninstall aplikasi WhatsApp. Sehingga saat login kembali ke aplikasi WhatsApp, pesan penting tersebut sudah hilang.

 

Jangan cemas dahulu saat pesan yang berdasarkan kita penting itu datang-tiba menghilang. Karena ada kemungkinan bagi kita untuk tetap bisa mengembalikan pesan yang hilang tersebut. Cara yang paling gampang yang mampu kita gunakan yakni dengan melakukan restore (mengembalikan data) dari data backup di google drive. Namun cara ini hanya mampu berlangsung saat kau mengaktifkan backup otomatis di settingan whatsApp. Atau alasannya adalah kau sering melaksanakan backup data secara manual.

 

Yang jadi pertanyaan adalah bagaimana jika ternyata kau tidak mengaktifkan fitur backup otomatis di settingan whatsapp dan kau pun jarang melakukan backup secara manual, apakah data chating di aplikasi whatsapp masih mampu kembali? Masih ada kemungkinan data chating kamu kembali. Yaitu dengan mengandalkan database yang tersimpan di memori handphone (backup setempat).

 

Nah untuk kau yang belum sempat mencadangkan atau Backup lewat Google Drive kau masih bisa mengembalikan percakapan WhatsApp kau melalui Backup setempat. Caranya pun cukup mudah, kau tinggal memakai aplikasi file manager yang ada di ponsel pintar kau. Dan berikut langkah-langkahnya:

 

Mengembalikan chatting whatsapp di file manager

 

    1. Unduh aplikasi file manajer (jika belum memiliki)

 

    1. Buka aplikasi manajer file, kemudian buka folder sd card » whatsapp » database. Jika kau tidak menggunakan kartu memori, silahkan cari folder whatsapp di memori internal.

 

    1. Kemudian nantinya akan muncul beberapa file dengan format msgstore-TTTT-BB-HH-1.db.crypt12 (misalnya: msgstore-2024-03-11.1.db.crypt12). Silahkan cari file sesuai dengan tanggal chating yang ingin kau kembalikan. Lalu ganti namanya menjadi msgstore.db.crypt12.

 

    1. Lalu uninstall aplikasi whatapp, kemudian install ulang dan masuk memakai nomor kau mirip lazimnya . Dan jangan lupa untuk memilih pulihkan atau restore saat diminta memulih data.

 

Perlu dikenali:

 

    • Telpon akan menyimpan file–file cadangan setempat yang dibentuk selama 7 hari terakhir.

 

    • Cadangan setempat akan dibentuk secara otomatis setiap pukul 02.00 dan disimpan selaku file di telpon kamu.

 

    • Jika tidak di simpan di folder /sdcard/whatsapp/ kau bisa menemukannya di folder penyimpanan Internal atau penyimpanan utama.