fbpx
Breaking News

Edwin tidak senang kakaknya suka membaca percakapannya dengan Farid di medsos dan melaporkannya pada Ibu. Edwin kemudian membuat bahasa kode bila menghubungi Farid di medsos. “Naruto lawan Xman” artinya saya main game. “Batman lawan Xman ” artinya kakak main game. “Batman bantu Superman” artinya kakak belajar matematika. Bila Edwin ingin mengirim pesan kepada Farid bahwa ia lagi belajar fisika maka pesan yang mungkin ditulisnya adalah

Edwin tidak senang kakaknya suka membaca percakapannya dengan Farid di medsos dan melaporkannya pada Ibu. Edwin kemudian membuat bahasa kode bila menghubungi Farid di medsos.
“Naruto lawan Xman” artinya saya main game.
“Batman lawan Xman ” artinya kakak main game.
“Batman bantu Superman” artinya kakak belajar matematika.

Bila Edwin ingin mengirim pesan kepada Farid bahwa ia lagi belajar fisika maka pesan yang mungkin ditulisnya adalah
A. “naruto bantu superman”.
B. “naruto bantu hulk”.
C. “naruto lawan superman”.
D. “naruto lawan huIk”.
E. “hulk bantu naruto”.

Jawaban soal di atas adalah B. “naruto bantu hulk”.

Untuk memahami alasannya, simak pembahasan berikut.

Paragraf adalah bagian suatu karangan yang di dalamnya terdapat lebih dari satu kalimat yang berisi satu gagasan utama dan beberapa gagasan pendukung. Di dalam paragraf terdapat informasi.

Informasi adalah sekumpulan data dan fakta yang dikemas dan disusun agar menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi dalam sebuah paragraf dapat dibedakan menjadi informasi tersurat dan tersirat.
1. Informasi tersurat : informasi yang telah tertulis secara eksplisit atau langsung di dalam teks. Informasi ini dapat ditemukan pada tiap-tiap kalimat dalam teks tersebut.
2. Informasi tersirat: informasi yang tidak tertulis secara langsung dalam teks. Maka untuk mendapatkannya harus melalui proses pengambilan simpulan dari informasi tersebut.

Dari paragraf di atas didapat informasi sebagai berikut:
1. Naruto adalah bahasa kode dari saya.
2. Xman adalah bahasa kode dari game.
3. Batman adalah bahasa kode dari kakak.
4. Lawan bahasa kode dari main.
5. Bantu bahasa kode dari belajar.
6. Superman adalah bahasa kode dari matematika.
Dari informasi ini, bahasa kode untuk menggambarkan “saya belajar fisika” adalah “Naruto bantu hulk”. Kata Naruto adalah saya, bantu adalah belajar, hulk adalah fisika.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Semoga membantu.😊