fbpx
Cara Menggunakan Google Meet

Cara Menggunakan Google Meet di PC

Saat ini kita kerap diwajibkan untuk bertatap muka lewat virtual. Sekarang ini ada beberapa ratus program yang bisa jadi opsi untuk rapat virtual, video konferensi atau sekedar video call dengan kawan-kawan. Google Meet bisa disebutkan sebagai salah satunya program paling populer untuk kelompok ini. Yok, kita baca manfaat, keunggulan dan langkah memakai Google Meet di artikel ini.

Mengenali Google Meet

Google Meet ialah program video konferensi gratis yang bisa dipakai lewat browser dan program handphone. Program yang awalnya namanya Hangouts ini tawarkan feature gratis yang makin menarik dibandingkan program yang lain dengan batasan waktu rapat dengan maksimal 100 peserta sepanjang 60 menit.

Tentu saja ada banyak paket dan harga buat kamu yang memerlukan kemampuan dan durasi waktu rapat yang semakin lama. Perincian harga dan paket dari Gmeet ialah seperti berikut:

Gratis: Semua pemakai Google bisa memakai service Google Meet dengan gratis dengan batasan waktu rapat 60 menit dengan sampai 100 peserta.
Google Workplace Essentials ($8 per pemakai /bulan): Menambah durasi waktu rapat sampai 300 jam dengan batasan 150 peserta. Paket ini sediakan feature taruh rekaman rapat automatis ke Google Drive yang telah di-upgrade ke 100GB dengan support service konsumen setia 24 jam.
Google Workplace Enterprise (harga khusus per perusahaan): Menambah durasi waktu rapat sampai 300 jam dengan batasan 250 peserta. Selainnya menambah kemampuan Google Drive jadi unlimited, paket ini memberikan dukungan streaming langsung ke 100.000 pemirsa dan beragam feature keamanan data yang lain komplet dengan support service konsumen setia 24 jam.

Pergantian nama dilaksanakan oleh Google secara tersembunyi di bulan Maret 2017. Sebelumnya, Google Meet ditarget sebagai Hangout versus usaha, serta lebih pas untuk pemakaian dalam sebuah perusahaan. Tetapi saat ini Google Meet bisa dijangkau oleh semua pemakai Google, dan jumlah pemakai setiap harinya semakin meningkat.

Langkah Memakai Google Meet di PC

Google Meet memberikan dukungan pemakaian di PC atau netbook lewat browser dan di Android atau iOS lewat program Google Meet. Silahkan kita ulas langkah memakai Google Meet lebih komplet.

Langkah memakai Google Meet di PC atau netbook benar-benar gampang, karena kamu bisa memakai browser yang telah dipasang seperti Google Krom, Microsoft Edge, Drama, Firefox, Safari dan lain-lain. Berikut langkah menggunakan Google Meet di browser PC atau netbook:

#1. Membuka halaman Google Meet

Untuk memakainya, pertama kali kamu pasti harus buka Google Meet pada situs browser-mu.

#2. Login ke account Google

tahap selanjutnya, login ke account Google yang kamu punyai. Yakinkan alamat e-mail dan sandid-nya telah betul ya!

#3. Tentukan New Rapat untuk mengawali video konferensi baru

Sesudah sukses login, kamu bisa memakai Google Meet. Click ‘New Meeting’ untuk mengawali video konferensi baru.

#4. Masukan link / code rapat untuk tergabung ke video konferensi yang telah ada

Atau bila kamu ingin tergabung ke video konferensi yang telah ada, tinggal masukan link atau code rapat pada kolom yang ada. Kemudian click ‘Join’.

#5. Kerjakan penataan camera dan mikrofon

Janganlah lupa kerjakan penataan pada camera dan mikrofon. Click pada tombol penataan di bagian bawah monitor video konferensi.

#6. Usai!

Catatan: Di saat kamu mengawali rapat baru, kamu akan memperoleh opsi untuk rapat instant, terencana, atau memperoleh link undangan rapat untuk dibagi ke rekanan rapat.