Sebutkan 3 sudut pandang

sebutkan 3 sudut pandang

Tiga sudut pandang adalah 1) orang pertama sebagai pelaku utama, 2) orang pertama sebagai pelaku sampingan, dan 3) orang ketiga serba tahu.

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

Sudut pandang adalah cara penulis cerita menempatkan dirinya dalam cerita.

Jenis-jenis sudut pandang, yaitu:
1. Orang pertama sebagai pelaku utama: Sudut pandang ini umumnya menggunakan kata ganti seperti “aku” ataupun “saya” pada tokoh utama cerita. Dalam sudut pandang ini penulis atau pembuat cerita seolah-olah terlibat dalam ceritanya dan dia sendiri sebagai tokoh utama dalam cerita.
2. Orang pertama sebagai pelaku sampingan: Sudut pandang ini seolah-olah si tokoh utama yang bercerita, akan tetapi posisinya dalam cerita bukanlah sebagai tokoh utama.
3. Orang ketiga serba tahu: Pada sudut pandang ini umumnya menggunakan kata ganti seperti “ia”, “dia” atau nama dari pelaku yang ada dalam cerita yang dibuat oleh penulis. Keserbatahuan tokoh digambarkan dengan kemampuannya mengetahui jalan pikiran tokoh lain.

Dengan demikian, tiga sudut pandang adalah 1) orang pertama sebagai pelaku utama, 2) orang pertama sebagai pelaku sampingan, dan 3) orang ketiga serba tahu.

Semoga membantu ????