fbpx

Diketahui persegi panjang ABCD dengan panjang AB=3 cm, BC=5 cm dan persegi panjang PQRS dengan panjang RS=3 cm dan PS=5 cm. Karena sudut-sudut yang bersesuaian besar DAN sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang, MAKA Persegi panjang ABCD dan PQRS dikatakan KONGRUEN. Jika panjang BC=8 cm, maka panjang PS sama dengan …..

Diketahui persegi panjang ABCD dengan panjang AB=3 cm, BC=5 cm dan persegi panjang PQRS dengan panjang RS=3 cm dan PS=5 cm.
Karena sudut-sudut yang bersesuaian besar DAN sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang, MAKA Persegi panjang ABCD dan PQRS dikatakan KONGRUEN.
Jika panjang BC=8 cm, maka panjang PS sama dengan …..

Diketahui persegi panjang ABCD dengan panjang AB=3 cm, BC=5 cm dan persegi panjang PQRS dengan panjang RS=3 cm dan PS=5 cm. Karena sudut-sudut yang bersesuaian besar DAN sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang, MAKA Persegi panjang ABCD dan PQRS dikatakan KONGRUEN. Jika panjang BC=8 cm, maka panjang PS sama dengan .....

Jawaban yang benar adalah 8 cm.

Pembahasan
Dua buah bangun dikatakan kongruen jika sudut-sudut yang bersesuaian besarnya sama dan besar perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian sama.

BC bersesuaian dengan QR, karena kongruen maka jika panjang BC 8 cm panjang QR juga 8 cm.

QR sejajar dan sama panjang dengan PS, maka QR = PS = 8 cm.

Jadi jika panjang BC = 8cm panjang PS juga 8 cm.

Lagi Viral :  Jika bilangan 4,x,y,14 1/2,r barisan aritmetika, nilai r=....