Nomor surat itu bukan seperti yang ditulis sebelumnya, melainkan ini 004/SDN01/IX-2019. Kesalahan penggunaan tanda baca dalam kalimat di atas adalah ….

8. Nomor surat itu bukan seperti yang ditulis sebelumnya, melainkan ini 004/SDN01/IX-2019. Kesalahan penggunaan tanda baca dalam kalimat di atas adalah ….
a. koma
b. garis miring
c. tanda hubung
d. titik

Jawabannya adalah C.

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

Surat dinas adalah suatu surat resmi yang dibuat oleh sebuah instansi atau lembaga dengan tujuan untuk keperluan dinas.

Dalam surat dinas biasanya mencantumkan nomor, kode surat, serta tahun yang ditulis berurutan dan dipisahkan dengan tanda (.), (,) dan (/). Nomor surat adalah urutan nomor surat yang telah dikeluarkan oleh lembaga tersebut,

Beberapa tanda baca yang digunakan dalam penomoran surat dinas, yaitu:
1. Tanda garis miring (/): Penggunaan garis miring dalam surat biasanya untuk penomoran nomor urut penulisan surat/kode surat/angka tahun.
2. Tanda titik dua (:): Penggunaan tanda titik dua dalam surat dipakai sesudah kata atau ungkapan yang memerlukan pemerian.
3. Tanda titik (.): Penggunaan tanda titik dalam surat berfungsi untuk menandai akhir kalimat berita, untuk menuliskan singkatan, nama, dan gelar, serta menuliskan angka-angka.

Contohnya:
Nomor: 12/D3/2010

Berdasarkan penjelasan tersebut, kesalahan penggunaan tanda baca dalam kalimat di atas adalah tanda hubung. Dalam penulisan nomor surat, tidak memerlukan tanda hubung. Namun, untuk memisahkan dengan penulisan tahun ‘2019’, digunakan tanda garis miring. Sesuai dengan aturan bahwa tanda garis miring digunakan untuk memisahkan nomor surat, kode, dan tahun sehingga penulisan yang tepat adalah “004/SDN01/IX/2019”.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Semoga membantu????