fbpx

Bu Dani, bu cinta, dan pak hari ingin menjadi nasabah di bank perkreditan rakyat (bpr). bu dan ingin menabung dan meminjam uang untuk modal usaha. bu cinta ingin menginvestasikan uangnya dalam bentuk deposito serta mengasuransikan mobil dan tempat usahanya. pak hari ingin menginvestasikan dana dalam bentuk sertifikat bank indonesia (sbi). Kegiatan usaha yang tidak dilakukan BPR berdasarkan keperluan pada ilustrasi tersebut adalah …

Bu Dani, bu cinta, dan pak hari ingin menjadi nasabah di bank perkreditan rakyat (bpr). bu dan ingin menabung dan meminjam uang untuk modal usaha. bu cinta ingin menginvestasikan uangnya dalam bentuk deposito serta mengasuransikan mobil dan tempat usahanya. pak hari ingin menginvestasikan dana dalam bentuk sertifikat bank indonesia (sbi).
Kegiatan usaha yang tidak dilakukan BPR berdasarkan keperluan pada ilustrasi tersebut adalah …
a. meminjam uang untuk usaha
b. menempatkan danadalam bentuk SBI
c. menyimpan dana dalam bentuk tabungan
d. menginvestasikan dana dalam bentuk deposito
e. mengasuransikan mobil dan tempat usaha

Jawabannya adalah E.

Berikut ini pembahasannya ya!

Bank Perkreditan Rakyat yaitu bank yang menyediakan jasa pembiayaan atau aktivitas kredit kepada masyarakat. Secara umum kegiatan yang dilakukan oleh Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sama dengan kegiatan yang dilakukan oleh Bank Umum. Kegiatan tersebut antara lain menghimpun dana, memberikan kredit, dan menyediakan pembiayaan. Namun dalam UU perbankan yaitu UU No. 10 Tahun 1998 pasal 1, menyebutkan bahwa BPR adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan Prinsip Syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Adapun usaha yang tidak boleh dilakukan oleh BPR yaitu :
1. Menerima simpanan berupa giro.
2. Melakukan usaha perasuransian.
3. Ikut serta menjalankan lalu lintas pembayaran
4. Melakukan kegiatan usaha dalam valuta asing.
5. Melakukan usaha lain di luar kegiatan usaha sebagaimana yang dimaksud dalam usaha BPR.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah E. Mengasuransikan mobil dan tempat usaha.

Semangat ya! Have a nice day:)