fbpx

Langkah ke empat dalam urutan tangga nada C mayor disebut . . .

Langkah ke empat dalam urutan tangga nada C mayor disebut . . .
a.prime
b.septim
c.oktaf
d.kuart

Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah d.Kuart.

Berikut ini penjelasannya.
Interval dalam musik merupakan jarak dua nada, baik jarak ke atas maupun ke bawah. Setiap interval memiliki nama yang berbeda, tergantung dari jarak di antara kedua nada terkait. Pada umumnya, ada delapan jenis interval dalam satu tangga nada. Nama dari delapan interval tersebut dan penjelasannya adalah :
1. Prime atau prim, yaitu interval antara nada satu dan nada yang sama. Contoh interval prime dalam tangga nada C mayor adalah C ke C.
2. Second atau second, yaitu interval antara nada satu dan nada kedua (nada di sebelahnya). Contohnya dalam tangga nada C mayor adalah C ke D, D ke E, F ke G, A ke B.
3. Terts, yaitu interval antara nada pertama dan nada ketiga. Contohnya dalam tangga nada C mayor adalah C ke E, D ke F, F ke A, G ke B.
4. Kuart atau kwart, yaitu interval antara nada pertama dan nada keempat. Contohnya dalam tangga nada C mayor adalah C ke F, F ke B.
5. Kuint atau kwint, yaitu interval antara nada pertama dan nada kelima. Contohnya dalam tangga nada C mayor adalah C ke G, D ke A.
6. Sekt atau sekst, yaitu interval antara nada pertama dan nada keenam. Contohnya dalam tangga nada C mayor adalah C ke A, D ke B, E ke C’.
7. Septim, yaitu interval antara nada pertama dengan nada ketujuh. Contohnya dalam tangga nada C mayor adalah C ke B, D ke C’.
8. Oktaf, yaitu interval antara nada pertama dengan nada kedelapan. Oktaf merupakan dua nada yang dasarnya sama namun berbeda satu oktaf. Contohnya dalam tangga nada C mayor adalah C ke C’, D ke D’.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah d.Kuart.

Semoga membantu ya.