fbpx

Diketahui beberapa peristiwa berikut : a. Benda cair dalam botol mengikuti bentuk botol. Bentuk benda cair dalam gelas mengikuti bentuk gelas. b. Gabus terapung dalam air. Sifat fisika apakah yang ditunjukkan oleh peristiwa-peristiwa tersebut?

Diketahui beberapa peristiwa berikut :
a. Benda cair dalam botol mengikuti bentuk botol. Bentuk benda cair dalam gelas mengikuti bentuk gelas.
b. Gabus terapung dalam air.
Sifat fisika apakah yang ditunjukkan oleh peristiwa-peristiwa tersebut?

jawaban yang benar adalah wujud zat cair yaitu, volumenya tetap, memiliki bentuk yang menyesuaikan wadahnya dan memiliki rapat massa atau massa jenis.

Zat adalah sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Sifat suatu zat dibedakan menjadi dua, yaitu secara fisika dan kimia. Sifat kimia suatu zat berkaitan dengan perubahan kimia yang dialami oleh zat tersebut. Sementara sifat fisika suatu zat berkaitan dengan penampilan atau keadaan fisis zat tersebut, di antaranya:
1. Wujud zat.
Wujud gas terbagi menjadi tiga, yaitu padat, cair, dan gas.
– Sifat zat padat memiliki bentuk dan volumenya tetap, tidak tergantung pada tempatnya.
– Sifat zat cair adalah volumenya tetap, tetapi bentuk berubah sesuai dengan tempatnya.
– Sifat gas adalah bentuk dan volumenya berubah sesuai dengan tempatnya.
2. Warna
Setiap zat memiliki warna yang berbeda-beda. Bahkan, warna bisa menjadi faktor yang digunakan untuk membedakan antara zat satu dengan zat yang lainnya. Contohnya, batu bara berwarna hitam, kayu berwarna coklat, besi berwarna abu-abu keperakan, dan masih banyak lagi.
3. Kelarutan
Kelarutan adalah kemampuan suatu zat untuk larut dalam pelarut.
4. Daya hantar listrik
Suatu zat atau benda digolongkan menjadi dua berdasarkan kemampuannya dalam menghantarkan listrik, yaitu konduktor dan isolator.
5. Kemagnetan
Berdasarkan sifat kemagnetannya, benda juga digolongkan menjadi dua, yaitu benda magnetik dan benda non-magnetik.
6. Titik didih dan titik lebur
Titik didih adalah suhu di mana suatu zat mendidih. Titik didih suatu zat bisa naik dengan cara menaikkan tekanan dan menambah ketidakmurnian zat tersebut dan sebaliknya.

Dari peristiwa di atas dapat diketahui sifat fisika:
a. Benda cair dalam botol mengikuti bentuk botol. Bentuk benda cair dalam gelas mengikuti bentuk gelas. Hal ini menunjukkan sifat fisika tentang wujud zat cair yang memiliki sifat volumenya tetap, tetapi bentuk berubah sesuai dengan tempatnya.
b. Gabus terapung dalam air. Hal ini menunjukkan sifat fisika tentang wujud zat cair yang memiliki sifat selain yang disebutkan di atas, juga memiliki rapat massa (massa jenis). Gabus dapat terapung di air karena massa jenis air lebih besar daripada massa jenis gabus.

Jadi, sifat fisika yang ditunjukkan dari kedua peristiwa di atas adalah wujud zat cair yaitu, volumenya tetap, memiliki bentuk yang menyesuaikan wadahnya dan memiliki rapat massa atau massa jenis.