fbpx
Breaking News
bbb

BLT UMKM 2021 Dibuka Lagi dan Syarat-syaratnya EASY Banget

Dorongan buat kurangi akibat pandemi corona terus dicoba pemerintah. Salah satunya ialah membagikan dorongan kepada warga dalam wujud Bantuan Langsung Tunai( BLT).

Spesial program Dorongan Produktif Usaha Mikro( BPUM) ataupun Dorongan Langsung Tunai( BLT) UMKM, dirancang dengan tujuan buat pemulihan ekonomi nasional.

Sehingga cuma diberikan pada pelakon usaha mikro yang belum bankable ataupun belum tersentuh kredit perbankan. Mengutip Antara, Selasa( 7/ 4/ 2021), sebanyak 12, 8 juta pelakon usaha mikro hendak diberi BLT UMKM 2021 dengan total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 15, 36 triliun.” Dorongan ini diberikan kepada segala pelakon usaha mikro terdampak pandemi.

Baik telah menerima tahun kemudian, ataupun belum menerima yang telah diusulkan maupun yang lagi diproses,” ucap Deputi Bidang Usaha Mikro Departemen Koperasi serta UKM, Eddy Satriya, dalam jumpa pers di Jakarta.

[irp posts=”7951″ name=”Cukup Modal NIK KTP Ada Bansos Modal Usaha Rp3,5 Juta”]

Eddy berkata, penyaluran BLT UMKM hendak dicoba secara bertahap hingga dengan kuartal ke- 3 2021.

Proses seleksi

Dalam proses pilih, Dinas Koperasi serta UMKM selaku pengusul hendak melaksanakan pembersihan informasi calon penerima BLT UMKM.

Pembersihan informasi dicoba lewat verifikasi bukti diri kependudukan serta pengecekan kelengkapan dokumen calon persyaratan.

Lewat halaman instagram resminya, Kemenkop mengantarkan kalau registrasi BLT UMKM telah dapat dicoba. Sehingga warga telah dapat tiba ke dinas yang membidangi koperasi serta UKM di tiap- tiap daerahnya.

Buat sesi awal, pemerintah sudah sediakan anggaran sebesar Rp 11, 76 triliun untuk 9, 8 juta pelakon usaha mikro.

Sebaliknya anggaran sesi kedua sebesar Rp 3, 6 triliun untuk 3 juta pelakon usaha mikro. Eddy meningkatkan, tahun ini tiap- tiap pelakon usaha mikro mendapatkan Rp 1, 2 juta.

[irp posts=”7917″ name=”BLT UMKM 1,2 Juta Dibuka Lagi, Jangan Sampai Ketinggalan”]

” Untuk yang menerima tahun kemudian memanglah tidak seluruh yang bisa tahun ini, sebab kami melaksanakan penilaian terhadap penerima yang tahun kemudian terdapat kekurangan, salah satunya salah target sehingga itu dibersihkan informasinya,” katanya lagi.

Cara daftar BLT UMKM 2021 Untuk mencapai target penyaluran sebanyak 9,8 juta pelaku usaha mikro, Kemenkop dan UKM menargetkan mendapatkan data sebesar 3,2 juta dari usulan dinas yang membidangi koperasi dan UKM kabupaten/kota selama April 2021. “Bisa jadi kita akan minta tambahan lagi,” ungkapnya. Proses pengusulan BLT UMKM 2021 dilakukan satu pintu, yaitu melalui dinas yang membidangi koperasi dan UKM kabupaten/kota.

Adapun berkas yang perlu dipersiapkan adalah:

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Nomor Kartu Keluarga (KK)
  • Nama lengkap
  • Alamat tempat tinggal
  • Bidang usaha
  • Nomor telepon.

Syarat Penerima Bantuan UMKM Program BPUM

– Warga Negara Indonesia

– Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK)

– Memiliki Usaha Mikro

– Bukan ASN, TNI/POLRI, serta pegawai BUMN/BUMD

– Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR

– Bagi pelaku Usaha Mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda, dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU) Dari Desa/Kelurahan.

[irp posts=”7907″ name=”Cara Cek Penerima BPUM 2021 Lewat eform.bri.co.id/bpum”]

Calon penerima BPUM diusulkan oleh dinas atau badan yang membidangi koperasi dan UMKM kabupaten/kota.

Kebenaran data usulan calon penerima BPUM menjadi tanggung jawab penerima dan pengusul BPUM.

Pengusul BPUM menyampaikan usulan calon penerima BPUM kepada dinas atau badan yang membidangi koperasi dan UMKM provinsi.