Inilah 5 Fitur Tersembunyi Pada Os Windows 8

OS Windows 8 yakni tata cara operasi modern buatan Microsoft yang datang dengan berbagai keunggulan. Berbagai fitur terbaru hadir dalam metode operasi Windows 8 ini, mirip Metro, santunan aplikasi dari Windows Store, dan yang lain. Selain banyak sekali fitur tersebut, ternyata ada juga fitur yang disembunyikan pada metode operasi ini. Apa sajakah fitur tersebut? Berikut Carisinyal akan mengulasnya.

 

Aero

 

Tema Aero identik dengan Windows 7 alasannya adalah menjadi tema default pada metode operasi tersebut. tetapi tema ini tidak lagi ditambahkan pada OS Windows 8. Nah jikalau Anda sudah terlanjur cinta dan ingin mempunyai tema ini lagi pada Windows 8, maka Anda dapat melakukan sedikit pergeseran pada registry untuk melakukannya. Berikut tindakan yang hanrus Anda lakukan:

 

 

    • Tekan tombol Win + R lalu ketik “resources.” Buka Themes > Aero dan copy aerolite.msstyles ke folder utama (Themes). Klik agree dikala windows meminta persetuan dari administrator.

 

    • Copy file aero.theme dan taruh file tersebut di desktop Anda. Klik kanan pada file tersebut dan buka open with > notepad. Setelah terbuka di notepad klik File > save as dan beri nama file tersebut “aerolite.theme” tanpa tanda petik. Kemudian lakukan pergantian selaku berikut:

 

 

 

      1. Ubah semua baris ke lima dengan DisplayName= Aero Lite

 

      1. Cari kepingan [VisulaStyles] kemudian ganti isinya dengan Path=%ResourceDir%ThemesAeroAerolite.msstyles

 

 

 

 

    • Simpan kembali file tersebut kemudian buka Control Panel > Change the Theme atau klik kanan pada desktop kemudian pilih personalization, maka Anda akan melihat sebuah tema Aero Lite terpasang di sana.

 

 

Animasi Start Screen

 

Ketika Anda menyalakan OS Windows 8 untuk pertama kali, Anda akan disuguhi suatu animasi unik dikala performa start screen muncul. Sayangnya, animasi tersebut cuma timbul sekali dan tidak tampil lagi dikala Anda membuka start screen. tetapi jangan bersedih alasannya Anda bisa memunculkannya kembali dengan mengikuti tindakan di bawah ini:

 

 

    • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit. Klik agree jika Windows meminta komitmen Administrator.

 

    • Bukalah folder HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionImmersiveShellGrid lalu klik kanan pada kolom sebelah kanan dan pilih New > DWORD (32-bit) Value

 

    • Tulis nama file tersebut sebagai Launcher_SessionLoginAnimation_OnShow, kemudian buka dan rubahlah value-nya menjadi 1.

 

    • Klik OK dan tutup registry editor, maka start screen Anda akan senantiasa menimbulkan animasi setiap Anda buka.

 

 

 Baris start screen

 

Start screen yang terdapat pada OS Windows 8 Anda akan berisikan 4 baris horizontal secara default. Sebenarnya Anda juga mampu mengubah jumlah baris tersebut sesuai dengan keinginan Anda. berikut langkah-langkahnya:

 

 

    • Tekan tombol Win + R, kemudian ketikan regedit. Klik agree bila Windows meminta kesepakatan Administrator.

 

    • Buka folder HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionImmersiveShellGrid lalu cari file Layout_MaximumRowCount.

 

    • Buka file tersebut kemudian ubah base-nya ke decimal kemudian masukan jumlah baris yang Anda inginkan pada kolom value. Jumlah maksimal baris yang bisa Anda masukan yakni 5.

 

    • Klik OK dan tutup registry editor, lalu restart windows 8 Anda untuk menyaksikan akibatnya.

 

 

 Search di dalam aplikasi

 

Jika ketimbang Windows 7, pencarian pada OS Windows 8 terasa agak sedikit rumit. Akan tetapi jika Anda mengetahui tekniknya maka semuanya akan terasa mudah. Salah satu fitur menarik yang terdapat pada sistem operasi ini adalah pencarian di dalam aplikasi tertentu saja. Untuk dapat menikmati fitur ini Anda hanya tinggal membuka Settings > Change PC Settings > Search, kemudian seleksilah aplikasi yang ingin Anda masukan ke dalam pencarian atau yang ingin Anda hilangkan dari hasil pencarian Anda.

 

Mengambil screenshot pada OS Windows 8

 

Fitur untuk mengambil screenshot memang sudah ada pada Windows edisi pertama, tetapi tidak pernah dimunculkan secara langsung. Beberpa cara bantu-membantu bisa dijalankan untuk mengambil screenshot ini, mirip dengan tombol printscreen dan paint, ataupun lewat tunjangan aplikasi pihak ketiga. Hal tersebut pastinya cukup merepotkan. Namun kini pada OS Windows 8 Anda cuma tinggal menekan tombol Win + Print Screen maka screenshot tersebut akan pribadi tersimpan dalam format PNG di picture library.