Perhatikan beberapa jenis jaringan berikut! 1) Jaringan otot lurik 2) Jaringan otot polos 3) Jaringan tulang 4) Jaringan epitel 5) Jaringan saraf 6) Jaringan ikat Suatu organ berfungsi menyaring darah dari zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Jaringan penyusun organ yang dimaksud ditunjukkan oleh angka….

Perhatikan beberapa jenis jaringan berikut!
1) Jaringan otot lurik
2) Jaringan otot polos
3) Jaringan tulang
4) Jaringan epitel
5) Jaringan saraf
6) Jaringan ikat
Suatu organ berfungsi menyaring darah dari zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Jaringan penyusun organ yang dimaksud ditunjukkan oleh angka….
a. 1), 2), 3), dan 4)
b. 1), 3), 5), dan 6)
c. 2), 4), 5), dan 6)
d. 3), 4), 5), dan 6)

Jawaban yang benar adalah C.

Berdasarkan pada soal, organ yang berfungsi menyaring darah adalah ginjal. Pada organ ini tersusun dari beberapa jaringan, seperti; jaringan otot polos, jaringan epitel, jaringan saraf dan jaringan ikat. Pada ginjal terdapat otot polos karena otot ini memiliki karakteristik bekerja di bawah kesadaran (otot tidak sadar) dan terdapat pada organ-organ dalam, kecuali jantung. Jaringan epitel yang dapat pada tubulus ginjal adalah epitel kubus selapis. Epitel ini berfungsi sebagai pelindung, sekresi dan absorpsi. Selain itu, pada ginjal juga terdapat jaringan saraf dan jaringan ikat (darah).

Jadi, jawaban yang benar adalah C.