Beberapa zat yang dapat larut didalam air adalah : (1) Asam fluorida (HF) (2) Gula (C6H12O6) (3) Garam dapur (NaCl) (4) Asam asetat (CH3COOH) (5) Asam klorida (HCl). Zat terlarut yang memiliki derajat ionisasi paling rendah adalah …

Beberapa zat yang dapat larut didalam air adalah :
(1) Asam fluorida (HF)
(2) Gula (C6H12O6)
(3) Garam dapur (NaCl)
(4) Asam asetat (CH3COOH)
(5) Asam klorida (HCl).
Zat terlarut yang memiliki derajat ionisasi paling rendah adalah …
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

Jawaban yang benar adalah B. (2).

Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik karena mengandung ion-ion yang bergerak bebas. Ion-ion ini menyebabkan perbedaan potensial sehingga dapat menghantarkan arus listrik.

Larutan elektrolit terbagi menjadi :
1. Larutan elektrolit kuat, yaitu larutan elektrolit yang mengalami ionisasi sempurna (derajat ionisasi = 1)
2. Larutan elektrolit lemah, yaitu larutan elektrolit yang mengalami sedikit ionisasi (derajat ionisasi = 0<α<1)

Keduanya dapat terionisasi sempurna maupun sebagian pada tingkat (derajat) ionisasi tertentu. Derajat ionisasi adalah perbandingan jumlah mol zat yang terurai terhadap jumlah mol zat awal sebelum terurai.

Larutan nonelektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik. Hal ini karena larutan nonelektrolit tidak dapat menghasilkan ion-ion.

Nilai derajat ionisasi berhubungan dengan kemampuan suatu zat untuk dapat larut dalam air. Pada pilihan jawaban, zat yang memiliki derajat ionisasi paling rendah adalah gula (C6H12O6) karena tidak dapat membentuk ion-ion dalam pelarutnya dan molekul-molekulnya tidak terionisasi dalam larutan, sehingga tidak ada ion yang bermuatan yang dapat menghantarkan arus listrik dan nilai derajat ionisasinya = 0

Dengan demikian, zat terlarut yang memiliki derajat ionisasi paling rendah adalah gula (C6H12O6).