fbpx

Pada saat musim hujan, dimana mana seringkali terjadi banjir. Salah satu yang harus kalian perhatikan saat terjadinya banjir di rumah adalah tidak berada di dekat stop contact. b. Seandainya nanti kalian menjadi seorang arsitek, desainlah letak stop contact yang tepat untuk keselamatan saat terjadi banjir. Mengapa? Jelaskan alasan kalian!

Pada saat musim hujan, dimana mana seringkali terjadi banjir. Salah satu yang harus kalian perhatikan saat terjadinya banjir di rumah adalah tidak berada di dekat stop contact.
b. Seandainya nanti kalian menjadi seorang arsitek, desainlah letak stop contact yang tepat untuk keselamatan saat terjadi banjir. Mengapa? Jelaskan alasan kalian!

Jadi, posisi stop kontak sebaiknya lebih tinggi dengan minimal 1 meter dari lantai serta memasang pelindung pada instalasi stop kontak.

Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut.

Ketika terjadinya banjir kita tidak boleh dekat dengan stop kontak karena pada saat hujan, partikel air banjir mengandung senyawa-senyawa elektrolit yang dapat menghantarkan arus listrik.

Posisi stop kontak sebaiknya minimal adalah 1 meter dari lantai, hal ini untuk menghindari bila di dalam bangunan telah digenangi air stop kontak tidak terendam air, namun bila ketinggian air sudah mendekati ketinggian 20 cm dari stop kontak lebih baik aliran listrik pada bangunan dimatikan.

Hindari memasang kabel listrik terlalu rendah dan tidak terlindungi, walau kabel telah ada isolator pembungkus, apa bila terendam air dalam waktu yang lama akan terjadi rembesan kedalam inti/tembaga kabel, apabila hal tersebut terjadi potensi aliran listrik mengalir pada air menjadi besar.

Dengan demikian, posisi stop kontak sebaiknya lebih tinggi dengan minimal 1 meter dari lantai serta memasang pelindung pada instalasi stop kontak.

Lagi Viral :  Tentukan bilangan oksidasi masing masing atom :