fbpx

Berikut adalah pasangan akun dan posisi saldo normalnya dalam buku besar yang benar (1) pendapatan, sisi debet. (2) akumulasi penyusutan, sisi debet. (3) biaya, sisi kredit. (4) cadangan kerugian piutang, sisi kredit.

Berikut adalah pasangan akun dan posisi saldo normalnya dalam buku besar yang benar
(1) pendapatan, sisi debet.
(2) akumulasi penyusutan, sisi debet.
(3) biaya, sisi kredit.
(4) cadangan kerugian piutang, sisi kredit.

Jawaban yang benar adalah pernyataan (4).

Pembahasan
Saldo normal akun adalah bagian dari metode pembukuan akuntansi yang mengacu pada penentuan saldo debit atau kredit dalam suatu transaksi tertentu.
a. Saldo normal debit adalah klasifikasi terhadap suatu kode perkiraan (akun) yang merupakan salah satu dari prinsip pembukuan berpasangan dan menunjukkan bertambahnya aset di posisi debit. Akun yang memiliki saldo normal di sisi debit diantaranya:
– Aset (aktiva/harta),
– Beban/biaya
– Prive

b. Saldo normal kredit adalah klasifikasi terhadap suatu kode perkiraan (akun) yang merupakan salah satu dari prinsip pembukuan berpasangan dan menunjukkan bertambahnya modal dan kewajiban di posisi kredit. Akun yang memiliki saldo normal di sisi kredit diantaranya:
– Modal
– Utang dagang
– Pendapatan
– Akumulasi penyusutan aset tetap
– Cadangan kerugian piutang

Berdasarkan penjelasan di atas maka akun dan saldo yang sesuai adalah pernyataan (4) yaitu cadangan kerugian piutang, sisi kredit.

Terima kasih. Semoga penjelasan ini dapat membantu kamu. Tetap semangat belajar dan selalu jaga kesehatan ya 🙂