fbpx

Peristiwa Penting Di Bulan Muharram

Peristiwa Penting Di Bulan Muharram

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Muharram Tanggal 10 Agustus. Banyak keistimewaan di bulan Muharram. Sebab di dalam bulan tersebut, ada banyak peristiwa penting. Apa saja? Simak.

Bulan Muharram
https://www.instagram.com/p/CSTxxADFBSJ/

Amalan khusus di Bulan Muharram, yaitu:

Puasa Asyura.

Puasa Asyura atau puasa 10 Muharram ini sesuai hadis Abu Hurairah yang berbynyi “Seorang tiba ke Rasulullah Saw, dia menanyakan sesudah Ramadan puasa apa yang lebih afdal? Nabi menjawab: “Puasa di Bulan Allah, yakni bulan yang alian sebutkan dengan Muharram” (HR. Ibnu Majjah).

Kelebihan puasa di bulan Muharram ialah penghilangan dosa satu tahun lalu. Puasa Asyura atau puasa 10 Muharram jatuh pada Kamis, 19 Agustus 2021. Ibadah puasa ini semakin lebih prima jika dilaksanakan semenjak tanggal 8, 9, 10 Muharram.

Perbanyak sedekah.

Bersedekah sebagai salah satunya beribadah Sunnah yang disarankan di bulan Muharram. Bulan ini, sebagai tahun baru umat Islam, Muharram telah dipandang seperti hari raya. Saran perayaan tahun baru ini bisa dilaukan dengan bersedekah.

Muhasabah atau mawas diri.

Selainnya puasa dan bersedekah, ibadah yang lain bisa dilaksanakan di bulan Muharram ialah muhasabah atau mawas diri. Muhasabah ini berguna sekali untuk jadikan individu yang lebih bagus pada tahun yang baru.

Allahumma sholli alā Sayyidina Muhammad.