Sebutkan bagian bagian saraf dan fungsinya

sebutkan bagian bagian saraf dan fungsinya

Jawaban yang benar adalah dendrit berfungsi menerima implus, badan sel berfungsi meneruskan impuls, akson berfungsi meneruskan impuls dari badan sel saraf ke sel saraf lain, selubung myelin berfungsi mempercepat impuls, dan nodus ranvier berfungsi sebagai tempat terjadinya tarik-menarik muatan listrik.

Sel saraf merupakan unit kerja sistem saraf pusat. Sel saraf memiliki bagian dan fungsinya masing-masing, diantaranya adalah:
1. Dendrit
yaitu penonjolan badan sel yang memiliki cabang bentuknya seperti cabang pohon. Fungsi dari dendrit untuk menerima impuls dari sel lain dan meneruskannya ke badan sel.

2. Badan sel
yaitu bagian yang memiliki inti sel dan dikelilingi oleh sitoplasma. Fungsi dari badan sel untuk meneruskan impuls dari dendrit ke akson.

3. Akson
yaitu penonjolan dari badan sel yang memiliki bentuk panjang dan silindris. Akson memiliki ujung akhir yang disebut terminal akson. Fungsinya adalah meneruskan impuls dari badan sel saraf ke sel saraf lain.

4. Nodus ranvier
yaitu daerah dari akson yang terbuka dan tidak diselubungi oleh selubung myelin. Fungsinya sebagai tempat terjadinya tarik menarik muatan listrik di membran sel saraf.

5. Selubung myelin
yaitu selubung lemak yang berlapis-lapis dihasilkan oleh sel Schwann. Fungsi selubung ini untuk mempercepat impuls saraf dengan membantu terjadinya loncatan muatan.

Dengan demikian, dendrit berfungsi menerima implus, badan sel berfungsi meneruskan impuls, akson berfungsi meneruskan impuls dari badan sel saraf ke sel saraf lain, selubung myelin berfungsi mempercepat impuls, dan nodus ranvier berfungsi sebagai tempat terjadinya tarik-menarik muatan listrik.