Seorang siswa melakukan percobaan untuk menentukan massa suatu benda menggunakan neraca 3 lengan. Kedudukan anak timbangan seperti terlihat pada gambar berikut : Hasil pengukuran massa tersebut adalah…

Seorang siswa melakukan percobaan untuk menentukan massa suatu benda menggunakan neraca 3 lengan. Kedudukan anak timbangan seperti terlihat pada gambar berikut :
Hasil pengukuran massa tersebut adalah…
A. 50,45 gram
B. 50,57 gram
C. 54,46 gram
D. 54,57 gram

Seorang siswa melakukan percobaan untuk menentukan massa suatu benda menggunakan neraca 3 lengan. Kedudukan anak timbangan seperti terlihat pada gambar berikut : Hasil pengukuran massa tersebut adalah...

Jawaban yang tepat adalah D. 54,57 gram

Mari kita simak pembahasan berikut.

Neraca ohaus merupakan salah satu alat ukur massa. Pada neraca ohaus, setelah sistem kesetimbangan tercapai, selanjutnya tinggal membaca skala hasil penimbangan untuk mengetahui besar massa benda yang ditimbang.

Untuk neraca tiga lengan, kita bisa langsung melihat nilai dari masing-masing anting lengan yaitu anting lengan depan, tengah dan belakang. Pada gambar, anting lengan depan bernilai sepersepuluh gram, anting lengan tengah berupa satuan dan anting lengan belakang berupa puluhan. Kemudian menjumlahkan hasil ketiga anting lengan.

Anting lengan belakang = 50 gram
Anting lengan tengah = 4 gram
Anting lengan depan = 0,57 gram
—————————————————– +
Hasil pengukuran tersebut = 54, 57 gram

Jadi hasil pengukurannya 54,57 gram. Jawabannya D.