fbpx

Perhatikan pernyataan berikut ini! 1. melelehnya es di kutub Utara dan Selatan bumi 2. meningkatnya permukaan air laut 3. perubahan iklim yang semakin ekstrim 4. meningkatnya gelombang panas 5. menurunnya kadar air tanah yang merupakan dampak langsung dari pemanasan global (global warming) adalah

perhatikan pernyataan berikut ini!
1. melelehnya es di kutub Utara dan Selatan bumi
2. meningkatnya permukaan air laut
3. perubahan iklim yang semakin ekstrim
4. meningkatnya gelombang panas
5. menurunnya kadar air tanah
yang merupakan dampak langsung dari pemanasan global (global warming) adalah

a. 1,2,3,4
b. 1,2,4,5
c. 2,3,4,5
d. 1,3,4,5

Jawaban yang benar adalah A. 1,2,3,4.

Pemanasan global adalah peristiwa meningkatnya suhu rata – rata pada lapisan atmosfer dan permukaan bumi. Pemanasan global disebabkan karena meningkatnya efek rumah kaca yang ditimbulkan oleh gas rumah kaca, seperti karbon dioksida, metana, CFC, dan HFC. Efek rumah kaca menyebabkan panas yang seharusnya diteruskan ke atmosfer menjadi terperangkap di bumi sehingga suhu bumi semakin meningkat. Pemanasan global mempunyai dampak yang luas dan memengaruhi kehidupan manusia. Dampak dari pemanasan global yaitu :

1. Perubahan cuaca dan iklim, meliputi mencairnya gunung es dan daerah bersalju, curah hujan meningkat, penguapan air tanah lebih cepat, dan pola cuaca ekstrem serta tidak terprediksi.
2. Kenaikan permukaan air laut karena mencairnya lapisan es sehingga mengakibatkan tenggelamnya pulau-pulau kecil.
3. Menurunnya hasil pertanian yang disebabkan oleh kekeringan, banjir, dan peningkatan serangan hama akibat perubahan iklim.
4. Ancaman kepunahan beberapa spesies hewan dan tumbuhan, misalnya beruang kutub, pinguin, koral, dan mangrove.

Semoga membantu.