Kalimat utama pada paragraf tersebut adalah …

Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa juga merupakan bentuk tanggung jawab warga negara yang berdampak pada semakin kuatnya suatu negara. Dalam kehidupan sehari-hari, menjaga persatuan dan kesatuan dapat dilaksanakan dengan saling membina kerukunan diantara warga masyarakat, antarpemeluk agama, suku, ras, dan budaya. Mengembangkan sikap kekeluargaan dan gotong royong dalam kehidupan masyarakat akan mewujudkan persatuan dan kesatuan. Jika persatuan dan kesatuan terwujud dengan baik akan tercipta kehidupan masyarakat yang aman, damai, dan tenteram sehingga negara akan semakin kuat. (Literasi Baca-Tulis)

Kalimat utama pada paragraf tersebut adalah …

Kalimat utama pada paragraf tersebut adalah “Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa juga merupakan bentuk tanggung jawab warga negara yang berdampak pada semakin kuatnya suatu negara.”

Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut.

Kalimat utama berarti kalimat yang memuat inti dari sebuah penggalan cerita atau paragraf yang memuat semua isi.

Ciri-ciri kalimat utama, yaitu sebagai berikut.
1) Berisi gagasan utama atau gagasan pokok.
2) Bersifat lebih umum dari kalimat lainnya. Kalimat utama biasanya lebih umum daripada kalimat penjelas yang bersifat khusus.
3) Dapat berdiri sendiri jika kalimat lain dihilangkan.

Letak kalimat utama berdasarkan jenis paragrafnya adalah sebagai berikut.
1) Paragraf deduktif: kalimat utama di awal paragraf.
2) Paragraf induktif: kalimat utama di akhir paragraf.
3) Paragraf campuran: kalimat utama di awal dan diakhir paragraf.
4) Paragraf ineratif: kalimat utama di tengah paragraf.

Kalimat utama pada paragraf tersebut terletak pada awal paragraf, yaitu “Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa juga merupakan bentuk tanggung jawab warga negara yang berdampak pada semakin kuatnya suatu negara.” Adapun kalimat setelahnya merupakan kalimat penjelas.

Dengan demikian, kalimat utama pada paragraf tersebut adalah “Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa juga merupakan bentuk tanggung jawab warga negara yang berdampak pada semakin kuatnya suatu negara.”

Semoga membantu ya ????