fbpx

Larutan natrium klorida memiliki daya hantar listrik lebih besar dari pada NH3 karena….

larutan natrium klorida memiliki daya hantar listrik lebih besar dari pada NH3 karena….
a. larutan natrium klorida memiliki derajat ionisasi lebih kecil dari amonia
b. larutan natrium klorida tidak terionisasi sedangkan NH3 terionisasi sempurna
c. larutan NH3 dan natrium klorida terionisasi sempurna
d. larutan NH3 memiliki jumlah ion lebih besar dari pada Natrium klorida
e. larutan Natrium klorida memiliki jumlah ion lebih besar dari pada NH3

Jawaban benar adalah E.

Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik. Hal ini disebabkan karena di dalam air terurai atau terionisasi menjadi ion positif dan ion negatif yang bermuatan listrik dan dapat bergerak bebas. Larutan elektrolit dibagi menjadi 2, yaitu:
1. Larutan elektrolit lemah, yaitu larutan yang terionisasi sebagian sehingga ion-ion yang bergerak bebas sedikit. Hal ini menyebabkan daya hantar listrik nya kecil/lemah. Contoh nya asam lemah, basa lemah.
2. Larutan elektrolit kuat, yaitu larutan elektrolit yang terioniasi sempurna sehingga daya hantar listrik nya besar. Contoh nya asam kuat, basa kuat, garam.

Larutan natrium klorida memiliki jumlah ion lebih besar daripada NH3 atau memiliki derajat ionisasi NaCl adalah 1 karena termasuk larutan elektrolit kuat yang mengalami ionisasi sempurna. Sedangkan NH3 tidak terionisasi sempurna sehingga jumlah ion nya lebih sedikit daripada natrium klorida atau memiliki derajat ionisasi 0<α<1.

Jadi, larutan natrium klorida memiliki jumlah ion lebih besar dari pada NH3.

Lagi Viral :  Diketahui P adalah himpunan bilangan cacah kurang dari 6 dan Q adalah himpunan bilangan real. Relasi dari P ke Q ditentukan oleh f : x → 3x – 5. Tentukan f(0), f(2) dan f(4).