fbpx

Kalimat yang tepat untuk meringkas seluruh isi paragraf di atas adalah …..

Sepak bola tanpa batas. Ini memang hanya sebuah slogan belaka. Akan tetapi, slogan itu membersikan cita-cita mulia bahwa sepak bola lebih dari sekadar suatu permainan. Sepak bola telah menjadi bagian dari keadaan publik kita. Melalui sepak bola kita belajar menenun kain habitus baru untuk menyelimuti dunia yang sedang dilanda kedinginan karena kurangnya solidaritas, minusnya religiositas, dan hampanya sportivitas. Mudah-mudahan harapan mendiang Paus Yohanes Paulus II ketika memberkati stadion Roma menjadi harapan kita juga, “Jauhilah kekerasan dari bola, cegahlan komersialisasi lewat bola, dan bola hendaklah menjadi sarana persaudaraan dan perdamaian dunia. “Selamat menikmati Piala Dunia.
Kalimat yang tepat untuk meringkas seluruh isi paragraf di atas adalah …..
(A) Sepak bola merupakan habitus baru masyarakat dunia sekarang untuk mengurangi solidaritas, sportivitas, religiositas manusia yang semakin lemah,
(B) Sepak bola dapat menjadi sarana untuk membangun solidaritas, sportivitas, persaudaraan, dan perdamaian serta tidak sekadar merupakan sarana komersial
(C) Habitus baru sepak bola diperlukan dalam dunia yang serba komersial dan penuh kekerasan sehingga sepak bola harus tanpa batas.
(D) Slogan sepak bola tanpa batas mengisyaratkan cita-cita baru umat manusia untuk menjaga perdamaian dan membangun persaudaraan dan menjauhi kekerasan.
(E) Kekerasan yang kerap membayangi persepakbolaan Indonesia menuntut kita memahami slogan sepak bola tanpa batas sehingga terciptanya kedamaian dan persaudaraan

Daftar isi : hide
1 Sepak bola tanpa batas. Ini memang hanya sebuah slogan belaka. Akan tetapi, slogan itu membersikan cita-cita mulia bahwa sepak bola lebih dari sekadar suatu permainan. Sepak bola telah menjadi bagian dari keadaan publik kita. Melalui sepak bola kita belajar menenun kain habitus baru untuk menyelimuti dunia yang sedang dilanda kedinginan karena kurangnya solidaritas, minusnya religiositas, dan hampanya sportivitas. Mudah-mudahan harapan mendiang Paus Yohanes Paulus II ketika memberkati stadion Roma menjadi harapan kita juga, “Jauhilah kekerasan dari bola, cegahlan komersialisasi lewat bola, dan bola hendaklah menjadi sarana persaudaraan dan perdamaian dunia. “Selamat menikmati Piala Dunia. Kalimat yang tepat untuk meringkas seluruh isi paragraf di atas adalah ….. (A) Sepak bola merupakan habitus baru masyarakat dunia sekarang untuk mengurangi solidaritas, sportivitas, religiositas manusia yang semakin lemah, (B) Sepak bola dapat menjadi sarana untuk membangun solidaritas, sportivitas, persaudaraan, dan perdamaian serta tidak sekadar merupakan sarana komersial (C) Habitus baru sepak bola diperlukan dalam dunia yang serba komersial dan penuh kekerasan sehingga sepak bola harus tanpa batas. (D) Slogan sepak bola tanpa batas mengisyaratkan cita-cita baru umat manusia untuk menjaga perdamaian dan membangun persaudaraan dan menjauhi kekerasan. (E) Kekerasan yang kerap membayangi persepakbolaan Indonesia menuntut kita memahami slogan sepak bola tanpa batas sehingga terciptanya kedamaian dan persaudaraan

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah D.

Mari kita simak pembahasan berikut ini.

Ringkasan adalah penyajian karangan yang panjang berupa peristiwa ke dalam bentuk yang singkat dan efektif.

Berikut langkah-langkah membuat ringkasan dari suatu teks.
1. Baca keseluruhan isi teks.
2. Tentukan gagasan utama. Gagasan utama biasanya terletak di terletak di awal paragraf, di akhir paragraf, maupun di awal dan di akhir paragraf.
3. Tentukan gagasan pengembang yang sesuai dengan gagasan utama.
4. Buat ringkasan sesuai gagasan utama dan gagasan pengembang teks tersebut.

Gagasan utama paragraf tersebut terletak di awal paragraf, yakni tentang slogan sepak bola. Hal tersebut dibuktikan dalam kalimat “Sepak bola tanpa batas.”

Gagasan pengembang paragraf tersebut terletak di kalimat kedua hingga akhir yang mengembangkan gagasan utama tentang harapan untuk membangun solidaritas, religiositas, sportivitas, menjauhi kekerasan dari bola, mencegah komersialisasi, dan menjadi sarana persaudaraan dan perdamaian dunia.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa kalimat yang tepat untuk meringkas seluruh isi paragraf tersebut adalah slogan sepak bola tanpa batas mengisyaratkan cita-cita baru umat manusia untuk menjaga perdamaian dan membangun persaudaraan dan menjauhi kekerasan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.