Persamaan garis lurus yang melalui titik (2,−1) dan gradien −3 adalah … Jawaban : 3x + y – 5 = 0 Perhatikan penjelasan berikut. Ingat. Persamaan garis lurus yang melalui titik (x1, y1) dan bergradien m dapat ditentukan dengan rumus: y – y1 = m(x – x1) Maka persamaan garis …
SMP
Gradien garis yang melalui titik (-1, 2) dan (4, 3) adalah ….
Gradien garis yang melalui titik (-1, 2) dan (4, 3) adalah …. Jawaban : 1/5 Konsep : Gradien Gradien merupakan kemiringan suatu garis. Rumus menentukan gradien garis yang melalui titik (x1, y1) dan (x2, y2) adalah: m = (y2 – y1)/(x2 – x1) Pembahasan : Berdasarkan konsep di atas, gradien …
Volume sebuah balok adalah 1.632 cm³. Jika panjang balok 17 cm dan lebarnya 8 cm, maka tinggi balok tersebut adalah ….
Volume sebuah balok adalah 1.632 cm³. Jika panjang balok 17 cm dan lebarnya 8 cm, maka tinggi balok tersebut adalah …. a. 11 cm b. 12 cm c. 13 cm d. 14 cm Jawaban dari pertanyaan di atas adalah B. Perhatikan konsep berikut. volume balok = panjang x lebar x …
Cara yang bertujuan untuk menggabungkan dua tanaman sejenis atau semarga yang masing-masing mempunyai sifat yang berbeda adalah
Cara yang bertujuan untuk menggabungkan dua tanaman sejenis atau semarga yang masing-masing mempunyai sifat yang berbeda adalah A. Okulasi B. Mencangkok C. Merunduk D. Kultur jaringan Jawaban: A. Okulasi. Pembahasan: Okulasi merupakan teknik pembiakan tanaman secara vegetatif dengan cara menempelkan mata tunas dari suatu tanaman kepada tanaman lainnya. Okulasi bertujuan …
Nilai y dari sistem persamaan linear berikut adalah … x=6y−20, y=1/2x
Nilai y dari sistem persamaan linear berikut adalah … x=6y−20, y=1/2x A. 2 B. −5 C. 10 D. 5 E. −10 Jawaban dari pertanyaan di atas adalah D. Penyelesaian soal di atas menggunakan konsep sistem persamaan linear dua variabel metode substitusi. Diketahui: x = 6y – 20 …(1) y = …
Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan x+4y=17 dan 2x+y=20 adalah ….
Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan x+4y=17 dan 2x+y=20 adalah …. Jawaban : {9, 2} Konsep : Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Sistem persamaan linear dua variabel merupakan suatu model matematika yang terdiri dari dua persamaan dan masing-masing persamaan terdiri dari dua variabel dengan derajat tertinggi bernilai satu. Salah satu …
Jika 2x+3y=16 dan 3x−y=13, maka nilai x dan y adalah…
Jika 2x+3y=16 dan 3x−y=13, maka nilai x dan y adalah… jawaban untuk soal ini adalah ???? = 5 dan y = 2. Soal tersebut merupakan materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) . Perhatikan perhitungan berikut ya. Ingat! Bentuk umum SPLDV Persamaan I : p???? + qy = r Persamaan …
Diketahui rumus fungsi f(x)=2x−5. Nilai dari f(4p−3) adalah….
Diketahui rumus fungsi f(x)=2x−5. Nilai dari f(4p−3) adalah…. Jawaban dari pertanyaan di atas adalah 8p – 11. Penyelesaian soal di atas menggunakan konsep nilai fungsi. Nilai dari f(4p − 3) yaitu: f(x) = 2x – 5 f(4p – 3) = 2(4p -3) – 5 f(4p – 3) = 8p – …
Tentukan nilai x pada pertidaksamaan berikut! 5x > 4x + 9
Tentukan nilai x pada pertidaksamaan berikut! 5x > 4x + 9 Jawaban dari pertanyaan di atas adalah x > 9. Penyelesaian soal di atas menggunakan konsep pertidaksamaan linear satu variabel. Penyelesaian pertidaksamaan 5x > 4x + 9 yaitu: 5x > 4x + 9 5x – 4x > 9 x > …
Bentuk sederhana dari 5(2x²−4x−6) adalah ….
Bentuk sederhana dari 5(2x²−4x−6) adalah …. Jawaban dari pertanyaan di atas adalah 10x² – 20x – 30. Perhatikan konsep berikut. a(b – c – d) = ab – ac – ad Bentuk sederhana dari 5(2x² – 4x – 6) yaitu: 5(2x² – 4x – 6) = 10x² – 20x – …