English …. in many countries all over the world.

English …. in many countries all over the world.
a. speak
b. speaks
c. is spoken
d. was spoken

Jawaban untuk soal ini adalah “c. is spoken”.

Dalam soal ini kamu diminta untuk memilih jawaban yang tepat untuk melengkapi kalimat soal sesuai dengan tense. Tense yang digunakan dalam soal adalah Simple Present Tense karena tidak terdapat adverb of time (keterangan waktu) yang spesifik. Kemudian kalimat soal merupakan kalimat pasif karena subjeknya “English” merupakan subjek yang tidak hidup sehingga tidak bisa melakukan aksi (action verb).

Simple Present Tense adalah bentuk kata kerja untuk menyatakan fakta, kebiasaan, atau kejadian yang terjadi pada saat ini.

Rumus Simple Present Tense dalam bentuk passive adalah :
(+) Subject + to be (is/am/are) + Verb 3
(-) Subject + to be (is/am/are) + not + Verb 3
(?) To be (is/am/are) + Subject + Verb 3 + ?

Soal:

“English …. in many countries all over the world.” (Bahasa Inggris …. di banyak negara di seluruh dunia.)

Bentuk kalimat tersebut adalah kalimat positif (+). Kalimat tersebut merupakan kalimat pasif. Subjeknya adalah “English” yang merupakan subjek tunggal (singular) sehingga “to be” yang tepat adalah “is”. Kemudian pada kalimat pasif Simple Present Tense, verb (kata kerja) yang digunakan adalah verb 3. Pada opsi jawaban, yang merupakan verb 3 adalah “spoken” yang merupakan verb 3 dari “speak”.

Kalimatnya menjadi “English is spoken in many countries all over the world.” (Bahasa Inggris dituturkan di banyak negara di seluruh dunia.)

Jadi, jawabannya adalah “c. is spoken”.

Semoga membantu ya.