fbpx

Jelaskan kelebihan dan kelemahan dari atom thomson

jelaskan kelebihan dan kelemahan dari atom thomson

jawaban dari pertanyaan ini adalah
Kelebihan : membuktikan keberadaan partikel bermuatan negatif yang lebih kecil dari atom yaitu elektron (partikel subatomik).
Kekurangannya : tidak bisa menjelaskan gerakan elektron di dalam atom dan tidak dapat menentukan massa elektron serta inti atom.

Model Atom Thomson
Sesuai dengan namanya, model atom ini ditemukan oleh Joseph John Thompson. Model atom Thompson berbentuk seperti roti kismis. Hal itu dikarenakan atom merupakan bola padat bermuatan positif dengan partikel negatif (elektron) yang tersebar didalamnya. Selain itu, muatan positif dan negatif pada atom tersebut jumlahnya sama. Model atom ini dibuktikan dengan penelitian Thomson yang menggunakan sinar tabung katoda.

Kelebihan model Atom Thomson
Model ini membuktikan keberadaan partikel bermuatan negatif yang lebih kecil dari atom yaitu elektron. Elektron merupakan partikel subatomik, sehingga atom bukan merupakan bagian terkecil dari suatu unsur. Model ini juga menerangkan bahwa atom tersusun dari bagian yang bermuatan positif dan negatif.

Kekurangan teori Thomson
Model atom Thomson tidak bisa menjelaskan gerakan elektron di dalam atom dan tidak dapat menentukan massa elektron serta inti atom.