Dapat Paket Kuota Kemendikbud Ristek 2024

Dapat Paket Kuota Kemendikbud Ristek 2024

Sri Mulyani, Menteri Keuangan, dan Menteri Pendidikan, Riset, Teknologi, dan Kebudayaan telah mengatakan akan memberikan kuota gratis kepada seluruh pelajar hingga semester II tahun ajaran 2024/2024.

Nadiem mengatakan sekolah untuk mencatat nomor handphone pelajar baru untuk memperoleh kontribusi.

“Karena itu, kepala unit pengajaran harus mengupdate data pelajar dan mahasiswa di Dapodik atau Pangkalan Data Dikti. Karena telah ada peserta didik baru, karena itu tolong selekasnya di-update,” Terang ia.

Nadiem menyebutkan,

Besaran kontribusi yang didapatkan yaitu:

  • Untuk pelajar Pengajaran Anak Umur Awal (PAUD) akan mendapat volume paket sekitar 7 GB /bulan.
  • Pelajar pengajaran dasar dan menengah akan mendapat volume paket sekitar 10 GB /bulan.
  • Sementara untuk guru PAUD, tingkatan pengajaran dasar dan menengah akan mendapat 12 GB /bulan.
  • Dan untuk mahasiswa dan dosen, mereka akan mendapat paket sekitar 15 GB /bulan.

Dalam pada itu, dari besaran paket itu, Nadiem menyebutkan keseluruhnya kontribusi paket pada tahun 2024 sebagai paket umum yang bisa dipakai untuk terhubung semua situs dan program terkecuali yang sudah dikunci oleh Kemenkominfo dan yang tertera di website sah kontribusi paket data internet Kemendikbud, http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.

Untuk dapat memperoleh paket gratis, Nadiem minta unit pengajaran untuk selekasnya:

Mengupdate data pelajar, mahasiswa, guru dan dosen, terhitung nomor smartphone pada mekanisme data dasar pengajaran dan pangkalan data pengajaran tinggi.

Mengupload SPTJM pada http://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id (untuk PAUD, tingkatan pengajaran dasar dan menengah) atau http://kuotadikti.kemdikbud.go.id (untuk tingkatan pengajaran tinggi).

Hingga, untuk peserta didik baru yang nomor handphonenya belum tercatat yang menerima kontribusi paket internet, bisa selekasnya memberikan laporan kepada pihak sekolah atau perguruan tinggi.