Download Contoh Soal Tes CPNS TWK, TIU dan TKP

Pasti kalian akan merasakan kebanggaan dan kebahagiaan yang tak terhingga pastinya dirasakan oleh peserta yang lolos seleksi dan dinyatakan resmi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Untuk mendapatkan hasil maksimal itu, kamu harus mempelajari materi-materi soal ujian yang harus dikerjakan pada masa seleksinya.

Untuk itu kamu bisa download contoh soal Tes CPNS TWK, TIU dan TKP yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Perlu diketahui juga bahwa tahapan yang sangat penting dalam proses seleksi di CPNS tahun 2024 ini adalah di bagian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), yang mana itu setelah pelamar CPNS telah dinyatakan lulus ditahapan administrasi.

Para periode penerimaan CPNS sebelumnya, Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD CPNS menggunakan system Computer Assisted Test (CAT) dengan menentukan kelulusannya menggunakan nilai ambang batas atau Passing grade.

Nantinya, para pelamar CPNS yang dinyatakan lolos ke SKD akan masuk ke tahap mengerjakan 100 soal yang terdiri dari :

35 Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
35 Soal tes Karakteristik pribadi (TKP)
30 Soal Tes Intelegensi Umum (TIU)

Perbedaan TWK, TKP dan TIU

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) ini digunakan untuk mengukur sebarapa jauh pemahaman si pelamar cpns ini tentang wawasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Tentunya ini nanti akan sangat berpengaruh dalam dunia pelayanan publik diberbagai kementerian, lembaga nasional maupun di pemerintah daerah tingkat I dan II.

Pada TWK ini memiliki 4 pokok nilai-nilai yang harus diketahui dan dipahami yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Sedangkan untuk Tes Intelegensia Umum (TIU) merupakan cara untuk mengukur kemampuan peserta atau pelamar cpns dalam hal-hal yang berkaitan dengan penalaran verbal, kuantitatif, logika, dan analisis dalam menghadapi dunia pelayanan publik ketika ditempatkan pada lembaga kementerian, lembaga nasional, maupun saat ditempatkan di pemerintah daerah tingkat I dan II.

Jadi tes cpns ini peserta harus memiliki kemampuan dalam menyampaikan informasi bagi secara lisan ataupun tulisan saat berada di pelayanan publik nantinya. Selain itu kemampuan dalam hitung menghitung juga harus paham.

Kemudian untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP) ini untuk mengukur kemampuan peserta tes CPNS yang sudah lolos tentang keseharian yang berkaitan dengan dunia kepegawaian dan pelayanan publik di lembaga kementerian, lembaga nasional maupun di pemerintah daerah.

Jadi diharapkan para peseta cpns ini memiliki karakter yang baik, kreatif, suka berinovasi, mudah dalam beradaptasi di suatu lembaga atau pelayanan publik.

Download Contoh Soal Tes CPNS TWK, TIU dan TKP

Dibawah ini adalah link untuk download contoh-contoh soal tes CPNS TWK, TIU dan TKP dalam bentuk file pdf. Tentunya dengan mempelajari dan mencoba mengerjakan contoh soal ini bisa menjadi bahan latihan dalam mengasah kemampuan atau pengetahuan.

Latihan Soal Tes Kemampuan Dasar TWK CPNS 2024
Latihan Soal Tes Kemampuan Dasar TIU CPNS 2024
Latihan Soal Tes Kemampuan Dasar TKP CPNS 2024

Ada juga Latihan Soal TES CPNS dan Pembahasannya (TWK, TIU dan TKP jadi 1 dalam bentuk file PDF). Kamu juga bisa download soal-soal tersebut Disini 

Disini

Disini

Selain itu kamu juga bisa mengerjakan soal-soal tes cpns TWK lainnya dengan tema berbeda seperti dibawah ini :

Contoh Soal CPNS TWK Tema Pancasila
Contoh Soal CPNS TWK Tema UUD 1945
Contoh Soal CPNS TWK Tema NKRI
Contoh Soal CPNS TWK Tema Bhinneka Tunggal Ika

Itulah contoh soal dari masing-masing kategori TKW, TIU dan TKP untuk persiapan tahapan mengerjakan soal tes CPNS. Semoga ini bisa bermanfaat dalam hal menambah wawasan dan pengetahuan sebelum proses CPNS 2024 nanti dimulai.