Tentukan hibridisasi serta bentuk molekul dari senyawa PF5 dan SF6! (Nomor atom: S = 16, P = 15, dan F = 9)

Tentukan hibridisasi serta bentuk molekul dari senyawa PF5 dan SF6! (Nomor atom: S = 16, P = 15, dan F = 9)

Hibridisasi PF5 dan SF6 berturut-turut adalah sp3d dan sp3d2, bentuk molekul PF5 dan SF6 berturut-turut adalah trigonal bipiramida dan oktahedral.

Hibridisasi adalah peleburan orbital-orbital dari tingkat energi yang berbeda menjadi orbital-orbital yang energinya setingkat atau setara. Orbital yang dimaksud adalah orbital-orbital pada kulit terakhir atom yang berikatan. Untuk itu, perlu diketahui konfigurasi elektron H dan O.

15P = [Ne] 3s2 3p3
16PS= [Ne] 3s2 3p4
9F = [He] 2s2 2p5

Berdasarkan konfigurasi elektron tersebut, atom P pada molekul PF5 memiliki elektron valensi yang berada pada 3s dan 3p (kulit 3). Pada keadaan dasar, 5 elektron terisi pada 3s dan 3p. Kemudian ada 5 atom F yang akan berikatan, dimana masing-masing atom F membutuhkan 1 elektron lagi agar stabil. Karena hanya ada tiga orbital yang tersedia, dibutuhkan orbital 3d dan salah satu elektron pada orbital 3s tereksitasi ke orbital 3d, sehingga kelima atom F dapat berikatan dengan 1 atom P membentuk molekul PF5. Perhatikan gambar terlampir.

Sesuai gambar tersebut, terlihat orbital-orbital yang terlibat pada hibridisasi, yaitu 1 orbital s, 3 orbital p, dan 1 orbital d, sehingga hibridisasinya sp3d. Bentuk molekul hibridisasi ini adalah trigonal bipiramida.

Demikian pula pada molekul SF6, atom S memiliki elektron valensi yang berada pada 3s dan 3p (kulit 3). Pada keadaan dasar, 6 elektron terisi pada 3s dan 3p. Kemudian ada 6 atom F yang akan berikatan, dimana masing-masing atom F membutuhkan 1 elektron lagi agar stabil. Karena hanya ada dua orbital yang tersedia, dibutuhkan orbital 3d dan salah satu elektron pada orbital 3s dan 3p tereksitasi ke orbital 3d (dua orbital pada 3d menjadi terisi masing-masing satu elektron tak berpasangan), sehingga keenam atom F dapat berikatan dengan 1 atom S dengan cara berpasangan dengan elektron-elektron tersebut. Perhatikan gambar terlampir.

Sesuai gambar tersebut, terlihat orbital-orbital yang terlibat pada hibridisasi, yaitu 1 orbital s, 3 orbital p, dan 2 orbital d, sehingga hibridisasinya sp3d2. Bentuk molekul hibridisasi ini adalah oktahedral.

Jadi, hibridisasi PF5 dan SF6 berturut-turut adalah sp3d dan sp3d2, bentuk molekul PF5 dan SF6 berturut-turut adalah trigonal bipiramida dan oktahedral.

Tentukan hibridisasi serta bentuk molekul dari senyawa PF5 dan SF6! (Nomor atom: S = 16, P = 15, dan F = 9)