Jelaskan tentang perbedaan pandangan antara goIongan tua dan goIongan muda pada peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan!

Jelaskan tentang perbedaan pandangan antara goIongan tua dan goIongan muda pada peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan!

Perbedaan pandangan antara goIongan tua dan goIongan muda pada peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan adalah mengenai kapan waktu yang tepat untuk segera melaksanakan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Pada tanggal 16 Agustus 1945, terjadi penculikan terhadap Soekarno dan Hatta, terkait kesalah pahaman mengenai waktu pelaksanaan kemerdekaan dengan golongan muda. Setelah Jepang menyerah pada Sekutu, Golongan Muda yang mendengar berita itu, langsung segera memberi tahukan Soekarno dan Hatta untuk segera melaksanakan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Sayangnya Soekarno menolak karena alasan situasi yang belum kondusif, masih banyak pasukan Jepang dan Soekarno ingin kemedekaan dilakukan hati-hati lewat badan PPKI.Golongan muda yang kecewa menculik Soekarno dan Hatta agar auh dari pengaruh Jepang dan segera melaksanakan proklamasi.

Setelah terjadinya kesepakatan, maka malamnya Soekarno dan Hatta kembali ke Jakarta dan mulai merumuskan teks proklamasi di rumah Laksaman Maeda. Setelah teks proklamasi selesai, maka proklamasi kemerdekaan dilaksanakan keesokan harinya pada pukul 10:00 WIB, hari Jum’at, 17 Agustus 1945.

Dengan demikian, perbedaan pandangan antara goIongan tua dan goIongan muda pada peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan adalah mengenai kapan waktu yang tepat untuk segera melaksanakan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Semoga membantu yaa :))