Pada penyangga karbonat terdapat reaksi kesetimbangan sebagai berikut: H^+(aq) + HCO3^-(aq) ⇄ H2CO3(aq) ⇄ H2O(aq) + CO2(aq) Mengapa pada reaksi tersebut terdapat 2, dua panah bolak balik? Jelaskan!

Pada penyangga karbonat terdapat reaksi kesetimbangan sebagai berikut:
H^+(aq) + HCO3^-(aq) ⇄ H2CO3(aq) ⇄ H2O(aq) + CO2(aq)
Mengapa pada reaksi tersebut terdapat 2, dua panah bolak balik? Jelaskan!

jawabannya adalah reaksi termasuk reaksi kesetimbangan.

Kesetimbangan kimia hanya terjadi pada reaksi balik atau reaksi reversibel. Reaksi reversibel merupakan reaksi yang berlangsung dalam dua arah dimana tidak hanya reaktan yang dapat menjadi produk, tetapi produk juga bisa berubah jadi reaktan kembali dan terjadi pada reaksi tertutup. Dalam persamaan reaksi ditandai dengan dua panah bolak balik.

Pada reaksi 1:
H^+(aq) + HCO3^-(aq) ⇄ H2CO3(aq)
Menandakan bahwa reaksi adalah reaksi kesetimbangan dan termasuk larutan penyangga asam, karena terdiri dari asam lemah (H2CO3) dan basa konjugasi (HCO3^-).
Jika ditambahkan asam (H^+) akan bereaksi dengan basa konjugasinya (HCO3^-), sehingga kesetimbangan akan bergeser ke produk yaitu asam lemah (H2CO3).

Pada reaksi 2:
H2CO3(aq) ⇄ H2O(aq) + CO2(aq)
Menandakan bahwa reaksi adalah reaksi kesetimbangan, artinya reaktan (H2CO3) dapat menjadi produk (H2O dan CO2), tetapi produk juga bisa berubah jadi reaktan kembali.

Jadi, terdapat dua reaksi dengan dua panah bolak balik karena termasuk reaksi kesetimbangan.