Perhatikan pernyataan berikut! 1) bunyi pantul datang setelah bunyi asli. 2) jarak antara sumber bunyi dan bidang pemantul sangat dekat. 3) membutuhkan dinding pemantul yang lebih jauh. 4) bunyi pantul datang hanya sebagian yang bersamaan dengan bunyi asli. Ciri-ciri dari bunyi pantul gema yang tepat ditunjukkan oleh nomor ….

Perhatikan pernyataan berikut!
1) bunyi pantul datang setelah bunyi asli.
2) jarak antara sumber bunyi dan bidang pemantul sangat dekat.
3) membutuhkan dinding pemantul yang lebih jauh.
4) bunyi pantul datang hanya sebagian yang bersamaan dengan bunyi asli.
Ciri-ciri dari bunyi pantul gema yang tepat ditunjukkan oleh nomor ….
a. 3
b. 1 dan 3
c. 2 dan 4
d. 1, 2 dan 4

Jawaban soal ini adalah B. 1 dan 3

Mari simak pembahasan berikut!

bunyi pantul merupakan bunyi yang ditimbulkan dari pantulan suara pada suatu benda yang bersifat memantulkan bunyi. Bunyi pantul dibagi tiga yaitu:

1. Bunyi pantul yang memperkuat bunyi asli.
Bunyi pantul yang terjadi bila jarak dinding pantul berada sangat dekat dengan sumber bunyi, bunyi pantul akan datang bersamaan dengan bunyi aslinya, sehingga memperkuat bunyi asli.

2.Gaung atau kerdam.
Gaung adalah bunyi pantul yang terjadi bila dinding pantul berada cukup jauh dari sumber bunyi, sekitar 10 meter sampai 20 meter, bunyi pantul akan datang hampir bersamaan dengan sumber bunyi sehingga mengganggu bunyi aslinya.

3. Gema.
Gema adalah bunyi pantul yang terjadi bila dinding pantul berada jauh dari sumber bunyi sekitar lebih dari 20 m, bunyi pantul akan datang setelah bunyi asli selesai diucapkan.

Jadi, ciri-ciri dari bunyi pantul gema adalah nomor 1 dan 3. Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah B.

Semoga membantu.