Apa makna dibalik umah adat madura tanean lajang

apa makna dibalik umah adat madura tanean lajang

Jawabannya adalah :
Rumah adat tanean lanjhang memiliki arti halaman panjang. Susunan rumah yang dibuat memanjang dari timur ke barat, menunjukkan tingkatan keluarga dari yang tua hingga muda.

Yuk, simak pembahasan berikut!
Kearifan lokal merupakan suatu pandangan mengenai nilai-nilai luhur yang sudah ada sejak dahulu kala dan diwariskan secara turun-temurun melalui berbagai generasi. Kearifan lokal memiliki dua bentuk yaitu berwujud dan tidak berwujud. Rumah adat merupakan salah satu bentuk kearifan lokal yang berwujud.

Misalnya seperti rumah adat masyarakat Madura yaitu tanean lanjhang. Rumah adat tanean lanjhang sendiri memiliki arti halaman panjang. Susunan rumah yang dibuat memanjang dari timur ke barat, menunjukkan tingkatan keluarga dari yang tua hingga muda. Selanjutnya penempatan dapur, kandang ternak, dan langgar diatur sedemikian rupa. Dapur dan kandang umumnya berada di sebelah timur, sedangkan langgar di bagian barat. Hal itu bermakna bahwa area spiritual, seperti langgar yang sifatnya rohani memiliki tempat yang baik dibanding ruangan lain yang sifatnya materialistik.