Peristiwa perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari

peristiwa perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari

jawaban dari soal tersebut yaitu panas matahari sampai ke bumi, knalpot akan panas ketika mesin dihidupkan, air yang mendidih.

Kalor ialah energi panas yang berada pada suatu benda. Perpindahan kalor terjadi dari benda yang suhunya lebih tinggi ke benda yang suhunya lebih renda. Terdapat tiga macam perpindahan kalor yaitu radiasi, konduksi, dan konveksi.
1. Radiasi, merupakan perpindahan panas atau kalor tanpa adanya zat perantara. Contoh dari radiasi yaitu panas matahari sampai ke bumi, panas api unggun ke tubuh kita.
2. Konduksi, ialah perpindahan kalor melalui zat padat yang tidak ikut berpindah. Contohnya knalpot akan panas ketika mesin dihidupkan, tutup panci panas saat digunakan menutup rebusan air.
3. Konveksi, ialah perpindahan kalor beserta perpindahan bagian zat perantaranya. Contohnya air yang mendidih, gerakan balon udara.

Jadi, peristiwa perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari yaitu panas matahari sampai ke bumi, knalpot akan panas ketika mesin dihidupkan, air yang mendidih.