Odie runs … He can run 1 km in 5 minutes. (superlative) (Fast)

Odie runs … He can run 1 km in 5 minutes. (superlative) (Fast)

Jawaban yang benar dari soal ini adalah “the fastest”.

Soal ini meminta untuk melengkapi bagian rumpang dengan comparison degree yang tepat.

Kalimat tersebut apabila diterjemahkan akan menjadi “Odie berlari ____. Dia bisa berlari sejauh 1 km dalam 5 menit”.

Berdasarkan terjemahan tersebut, kata sifat yang paling tepat untuk melengkapi bagian rumpang adalah “cepat” atau “fast”.

Pada soal tersebut, comparison degree yang digunakan adalah superlative degree karena yang dibandingkan adalah satu hal dengan semua hal lain yang sejenis di mana kata benda tersebut bersifat paling dibandingkan seluruh kata benda sejenis lainnya.

Untuk membentuk kalimat yang menggunakan superlative degree, kata sifat yang digunakan perlu disesuaikan terlebih dahulu. Berikut adalah aturan untuk membentuk berbagai kata sifat dalam bentuk superlative degree.

1. Apabila kata sifat terdiri dari satu suku kata, berikan akhiran -est pada kata sifat tersebut (cth: smartest, fastest).

2. Apabila kata sifat terdiri dari satu suku kata dan memiliki huruf akhir berupa huruf konsonan yang didahului oleh huruf vokal (cth: big, hot), gandakan huruf konsonan tersebut dan berikan akhiran -est (cth: biggest, hottest). (Hal ini tidak berlaku apabila kata sifat diakhiri huruf -y atau -w dan apabila susunan huruf-huruf akhir kata sifat berupa “vokal + vokal + konsonan” atau “vokal + konsonan + konsonan”)

3. Apabila kata sifat terdiri dari dari dua suku kata dan diakhiri oleh huruf -y (cth: funny, lazy), ubah huruf -y menjadi -i dan berikan akhiran -est (cth: funniest, laziest).

4. Apabila kata sifat terdiri dari dua suku kata dan tidak diakhiri oleh huruf -y atau terdiri dari tiga suku kata atau lebih, tambahkan kata “most” di depan kata sifat tersebut (cth: most broken, most expensive)

Karena kata sifat “fast” terdiri dari satu suku kata, maka aturan yang digunakan untuk membentuk superlative adjectivenya adalah aturan 1 sehingga bentuk superlative degree yang benar dari “fast” adalah “fastest”.

Dalam membentuk kalimat yang menggunakan superlative degree, rumus yang digunakan adalah:

Subject + verb + the + superlative adjective

Dengan demikian, frasa yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang adalah “the fastest”.

Jadi, jawaban yang benar adalah “the fastest”.

Hope it helps. Happy learning! 🙂