Komposisi mineral berhubungan dengan sifat warna batuan. pernyataan yang benar berikut ini adalah … a. batuan yang banyak mengandung mineral silika & alumina akan cenderung berwarna terang. sedangkan yang banyak mengandung magnesium, besi & kalsium umumnya mempunyai warna yang gelap. b. batuan yang banyak mengandung magnesium, besi kalsium akan cenderung berwarna terang. sedangkan yang banyak mineral silika & alumina umumnya mempunyai warna yang gelap. c. batuan yang banyak mengandung mineral silika & alumina akan cenderung berwarna terang sedangkan yang banyak mengandung besi & quartz umumnya mempunyai warna yang gelap. d. batuan yang banyak mengandung mineral besi & quartz akan cenderung berwarna terang sedangkan yang banyak mengandung silika & alumina

komposisi mineral berhubungan dengan sifat warna batuan. pernyataan yang benar berikut ini adalah …
a. batuan yang banyak mengandung mineral silika & alumina akan cenderung berwarna terang. sedangkan yang banyak mengandung magnesium, besi & kalsium umumnya mempunyai warna yang gelap.
b. batuan yang banyak mengandung magnesium, besi kalsium akan cenderung berwarna terang. sedangkan yang banyak mineral silika & alumina umumnya mempunyai warna yang gelap.
c. batuan yang banyak mengandung mineral silika & alumina akan cenderung berwarna terang sedangkan yang banyak mengandung besi & quartz umumnya mempunyai warna yang gelap.
d. batuan yang banyak mengandung mineral besi & quartz akan cenderung berwarna terang sedangkan yang banyak mengandung silika & alumina

Jawaban benar pada soal tersebut adalah A.

Berikut adalah penjelasannya.

Batuan merupakan salah satu bentuk material di permukaan bumi yang terbentuk melalui magma dan mengandung banyak mineral. Kandungan mineral pada batuan mepengaruhi sifat warna batuan. Batuan yang memiliki kandungan mineral silika dan alumina akan cenderung berwarna terang, sedangkan batuan yang memiliki banyak kandungan magnesium, besi, dan kalsium mengandung warna gelap.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.

Semoga membantu ya!