Dua buah benda massa m1 dan.m2 dipengaruhi oleh gaya yang besarnya sama,sehingga timbul percepatan a1 dan a2. Apabila grafik I untuk m1 dan grafik lluntuk m2, maka ….

Dua buah benda massa m1 dan.m2 dipengaruhi oleh gaya yang besarnya sama,sehingga timbul percepatan a1 dan a2. Apabila grafik I untuk m1 dan grafik lluntuk m2, maka ….
A. a1<a2 dan m1 < m2
B. a1<a2 dan m1 > m2
C. a1 > a2 dan m1 < m2
D. a1 > a2 dan m1 > m2

Dua buah benda massa m1 dan.m2 dipengaruhi oleh gaya yang besarnya sama,sehingga timbul percepatan a1 dan a2. Apabila grafik I untuk m1 dan grafik lluntuk m2, maka ....

Jawaban yang tepat ialah (C) a1 > a2 dan m1 < m2.

Grafik di atas menunjukkan grafik kecepatan terhadap waktu. Percepatan merupakan perubahan kecepatan terhadap perubahan waktu, yang jika digrafikkan maka kemiringan (slope) grafik mewakili percepatan, jadi dapat kita anggap bahwa kemiringan grafik I dan II di atas sebagai percepatan benda 1 dan 2. Nampak bahwa kemiringan benda 1 lebih besar daripada kemiringan benda 2, maka dapat disimpulkan bahwa percepatan benda 1 lebih besar dari percepatan benda 2 (a1 > a2).

Gaya merupakan besar kekuatan yang diperlukan untuk menggerakkan benda, ketika benda bergerak disana terdapat gaya yang bekerja. Gaya dipengaruhi oleh massa dan percepatan, ketika massa benda ringan digerakkan dengan gaya (F) maka percepatan yang timbul akan besar, sedangkan benda bermassa berat ketika digerakkan dengan gaya yang sama (F) maka percepatan akan lebih lambat dari benda bermassa ringan. Oleh sebab itu dalam kasus ini karena percepatan benda 1 lebih besar dari benda 2, maka massa benda 1 harus lebih kecil dari massa benda 2 (m1 < m2). Jadi jawaban yang tepat ialah (C).