Pengertian polarisator

pengertian polarisator

polarisator adalah sebuah filter optik yang memungkinkan gelombang cahaya dari polarisasi tertentu melewatinya sambil memblokir gelombang cahaya dari polarisasi lain.

Pembahasan:
Polarisasi diartikan sebagai pengurang arah getar gelombang menjadi satu arah getar saja. Misalkan kita memiliki dua buah tali yang sama-sama terikat ke dinding. Kita lalu menggetarkan kedua tali dengan arah yang berbeda (misal, tali pertama digetarkan secara vertikal ke atas-bawah sedangkan tali kedua digetarakan secara horizontal ke kanan-kiri). Lalu di depan masing-masing tali yang sedang kita getarkan ini, kita tempatkan sebuah pigura bebentuk persegi panjang dalam posisi vertikal. Maka, hanya gelombang dari tali pertamalah yang akan mampu melewati pigura (karena sama-sama vertikal), sementara gelombang tali kedua akan tertahan.

Konsep itu pula yang digunakan pada polarisator. Polarisator berbentuk slit (celah) yang mampu menyaring gelombang cahaya berdasarkan arah getarannya. Karenanya, polarisator dapat juga dijadikan filter cahaya seperti yang ditemui pada kacamata pantai. Kacamata pantai adalah kacamata hitam yang biasa digunakan orang saat bepergian ke pantai (yang biasanya sangat terik). Kacamata tersebut digunakan agar gelombang cahaya yang masuk ke mata dapat di saring sehingga cahaya yang masuk sedikit redup.

Jadi, polarisator adalah sebuah filter optik yang memungkinkan gelombang cahaya dari polarisasi tertentu melewatinya sambil memblokir gelombang cahaya dari polarisasi lain.