“Good news, good news” he cried. ubahlah kedalam indirect speech

“Good news, good news” he cried.
ubahlah kedalam indirect speech

Jawaban yang benar adalah: He cried with excitement that there was good news.

Soal meminta untuk mengubah kalimat langsung (direct sentence) yang ada ke dalam bentuk kalimat tidak langsung (indirect sentence).

Kalimat tersebut merupakan kalimat seru atau exclamatory sentence yang menggambarkan perasaan si penutur. Dalam kalimat tersebut tertulis “cried”, namun maknanya bukan “menangis” karena “good news” berarti “berita bagus” atau “kabar baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa si penutur berkata-kata dengan semangat atau “cried with excitement”. Frasa inilah yang dipakai dalam reported speech-nya.

Frasa “good news, good news” jika diujarkan dalam bentuk kalimat lengkap menjadi “there is good news!” yang artinya “ada kabar baik!” Kalimat tersebut menggunakan bentuk Simple Present Tense. Perlu diingat bahwa jika kalimat langsungnya berbentuk Simppe Present Tense, maka bentuk tidak langsungnya menjadi Simple Past Tense yang polanya: Subject + to be past (was/were) + Object.

Karena dalam kalimat aktifnya to be yang digunakan adalah “is”–karena “news” adalah singular noun–maka dalam kalimat tidak langsungnya to be yang digunakan adalah “was”. Sehingga kalimatnya menjadi: “there was good news.”

Kemudian, antara reported sentence dan indirect sentencenya dapat dihubungan dengan menggunakan kata “that”. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka bentuk kalimat tidak langsungnya adalah: He cried with excitement that there was good news.

Jadi, jawaban yang benar adalah: He cried with excitement that there was good news.

Semoga terbantu dan tetap semangat belajar, ya! 🙂