Bagaimana cara membuat karya semi tiga dimensional dengan teknik aplikasi?

bagaimana cara membuat karya semi tiga dimensional dengan teknik aplikasi?

Jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah memilih desain dan bahan kain, menggambar desain pada kertas, menjiplak desain pada potongan kain, menyiapkan bahan dasar untuk tempat menempelkan potongan kain tadi (aplikasi), menempelkan aplikasi pada bahan dasar, menjahit aplikasi agar lebih rapi pada bahan dasar, serta memotongi sisa benang dan menyetrika bahan dasar sehingga tampak lebih rapi.

Cermati pembahasan berikut ini!

Teknik yang satu ini sering digunakan pada seni menjahit. Caranya adalah menempelkan berbagai guntingan-guntingan kain yang berbentuk hiasan seperti bunga, binatang atau bentuk lain pada sebuah kain lain sebagai hiasan. Teknik ini membuat bidang yang tadinya dua dimensi menjadi tiga dimensi.

Berikut langkah-langkah pembuatan karya seni dengan teknik aplikasi.
1. Memilih sebuah desain dan bahan kain. Gunakan jenis bahan kain yang sesuai dengan desain dan berdasarkan warna yang ingin di aplikasikan.
2. Gambar desain pada selembar kertas. Setelah desain selesai, potong dengan hati-hati menggunakan gunting.
3. Jiplak pola yang sudah dipotong pada kain yang akan menjadi aplikasi. Setelah itu potong kain yang sudah dijiplak tersebut.
4. Siapkan bahan dasar untuk menempelkan aplikasi.
5. Tempelkan aplikasi (pola kain yang sudah dipotong) pada bahan dasar.
6. Agar lebih rapi, jahit aplikasi pada bahan dasar dengan teknik sederhana, bisa juga dengan cara jahit sulam.
7. Rapikan benang-benang yang berlebih dari sisi belakang aplikasi. Setrika bahan dasar (kaus, kain, tas, selimut, atau bahan lainnya) sehingga lebih halus dan rapi.

Dengan demikian, langkah pembuatan karya seni aplikasi adalah memilih desain dan bahan kain, menggambar desain pada kertas, menjiplak desain pada potongan kain, menyiapkan bahan dasar untuk tempat menempelkan potongan kain tadi (aplikasi), menempelkan aplikasi pada bahan dasar, menjahit aplikasi agar lebih rapi pada bahan dasar, serta memotongi sisa benang dan menyetrika bahan dasar sehingga tampak lebih rapi.

Semoga membantu ya.